IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA UDANG PISANG (Penaeus sp.) YANG DIBUDIDAYAKAN DI TAMBAK KABUPATEN ACEH BARAT

Fitria Rahmayanti, Neneng Marlian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, intensitas dan prevalensi ektoparasit yang menyerang Udang Pisang (Penaeus sp.) yang dibudidayakan di tambak Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juli 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey, dimana sampel Udang Pisang didapatkan dari tambak budidaya Kabupaten Aceh Barat. Selanjutnya dilakukan pengamatan ektoparasit pada Laboratorium MIPA Terpadu Universitas Teuku Umar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan tiga jenis ektoparasit pada sampel Udang Pisang selama penelitian yaitu Vorticella sp., Epistylis sp. dan Zoothamnium sp. Prevalensi untuk masing-masing ektoparasit adalah Zoothamnium sp. sebesar 75%, Vorticella sp. 65% dan Epistylissebanyak 50%. Intensitas ektoparasit untuk masing-masing jenis ektoparasit yang ditemukan adalah Zoothamnium sp. sebanyak 9.60ind/ekor,Vorticella sp. sebanyak 4.38ind/ekor dan Epistylissebanyak 6.80 ind/ekor. Parameter kualitas air selama penelitian adalah suhu 35.7oC, DO 3.98 mg/L, salinitas 23.2 ppt dan pH 7.


Full Text:

PDF

References


Anshary. 2008. Tingkat Infeksi Parasit Pada Ikan Mas Koi (Cyprinus carpio) Pada Beberapa Lokasi Budidaya Ikan Hias di Makassar dan Gowa. Jaringan Sains dan Teknologi. 8 (2): 139-147.

Aziz, H. Iromo dan Darto, 2011. Identifikasi Ektoparasit pada Udang Windu (Penaeus monodon fabricus) di Tambak Tradisional Kota Tarakan. Fakultas Perikanan Ilmu Kelautan. Universitas Borneo.

Bastiawan. D., A. Rukyani, P. Taufik, dan A. Purnomo. 1991. Penanggulangan Hama dan Penyakit pada Usaha Ikan dan Udang. Puslitbang Perikanan, Badan Litbang Pertanian, Departemen Pertanian.

Boyd, C.E dan F. Licthkoppler. 1982. Water Quality Management in Pond Fish Culture. Auburn University. Auburn.

Buwono, L. B. 1993. Tambak Udang Windu: Sistem Pengelolaan Berpola Intensif. Kanisius. Yogyakarta.

Elfrida, L., Deswati dan B. Fitri. 2012. Pemanfaatan Sedimen KJA Danau Maninjau untuk Memproduksi Chlorella sp. Prosiding Seminar Nasional Limnologi VI. Universitas Bung Hatta.

Irvansyah. M.Y., Abdulgani N., Mahasari G. 2012. Identifikasi dan intensitas ektoparasit pada kepiting bakau (Scylla serrata) stadia kepiting muda di pertambakan kepiting, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Sains dan Seni ITS.

Kabata, Z. 1985. Parasites and Diseases of Fish Cultured in The Tropics. Tailor and Feancis Inc, London and Philadelphia.

Mahasri, G., L. Raya, A. S. Mubarak dan B. Irawan. 2008. Gambaran Patologi Insang dan Kulit Udang Windu (Penaeus monodon Fab.) yang Terserang Ciliata Patogen dari Famili Vorticellidae (Zoothamnium sp.). Berkala Ilmiah Perikanan. 3 (1) : 95-103.

Mahasri, G., A. Heryamin., Kismiyati. 2016. Prevalensi ektoparasit pada udang vanname (Litopenaeus vannamei) dengan padat tebar yang berbeda di tempat penggelondongan di Kabupaten Gresik. Journal of Aquaculture and Fish Health, 5(2): 7–13.

Moosa, M.K. 1979. Stomapoda sebagai salah satu potensi sumber daya hayati lautan. Oseanology, 5: 1-2.

Murtidjo, B. A. 2003. Benih Udang Windu Skala Kecil. Kanisius. Yogyakarta.

Naamin, N. 1990. Penggunaan Lahan Mangrove untuk Budidaya Tambak, Keuntungan dan Kerugian. Prosiding Seminar IV Ekosistem Mangrove. Bandar Lampung.

Sarifuddin., S. Ibnu., F. Irvan., P. Widya., Syafrizal, Jalaluddin., R. Teuku., Nurbariah. 2014. Petunjuk Teknis Pembenihan Udang Pisang. Balai Pengembangan Budidaya Air Payau Ujung Batee, Ujung Batee.

Williams, E.H.Jr., L. B. Williams. 1996. Parasites of off shore, big game fishes of Puerto Rico and the Western North Atlantic. Puerto Rico Department of Naturaland Environmental Resources, San Juan, Puerto Rico, and Department of Biology, University of Puerto Rico, Mayaguez, Puerto Rico.

Wiharyanto, D. 2011. Budidaya Udang Windu Tanpa Pakan dan Tanpa Aerasi. WWF Indonesia.

Yuasa, K. 2003. Panduan Diagnosa Penyakit Ikan. Teknik Diagnosa Penyakit Ikan Budidaya Air Tawar Indonesia. Balai Budidaya Air Tawar Jambi. Jambi.




DOI: https://doi.org/10.35308/jpt.v5i2.1032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PERIKANAN TROPIS




Jurnal Perikanan Tropis (print ISSN 2355-5564 ;online ISSN 2355-5572), is published by the Faculty of Fisheries and Marine Science Universitas Teuku Umar, Indonesia .
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License