PERSEPSI PEREMPUAN MENGENAI BERITA WACANA PELEGALAN POLIGAMI DI ACEH

Putri Maulina, Reni Juliani

Abstract


Abstract

Pemerintah dan DPRD Aceh tengah menyusun Qanun Hukum Keluarga yang nantinya akan disahkan dan berlaku di Aceh. Salah satu isi bab dalam Qanun tersebut adalah melegalkan poligami. Wacana tersebut menarik perhatian khalayak ramai setelah Harian Serambi Indonesia mempublikasikannya sebagai berita headline pada edisi 6 Juli 2019. Suara perempuan memang sangat penting dalam menyikapi Qanun ini. Mengingat perencangan qanun tersebut berlandaskan atas memberikan perlindungan untuk perempuan. Selain itu atas nama keadilan, suara perempuan Aceh seharusnya didengar dengan seksama. Hal yang ditakutkan adalah sistem partiarki yang masih berlaku di negara ini. Sistem patriarki yang mendominasi kebudayaan mendorong terbentuknya kesenjangan dan ketidakadilan gender dimana memposisikan perempuan sebagai subordinat sedangkan posisi laki-laki yang memegang kontrol yang lebih besar. Hal ini yang menjadikan suara perempuan lemah dalam masyarakat dan keluarganya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam mengenai persepsi perempuan mengenai berita wacana pelegalan poligami di Aceh dengan menggunakan pendekatan konsep Persepsi dan Teori Spiral of Silence. Penelitian ini nantinya akan menggunakan metode campuran dengan menyebar kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan keberagaman persepsi dari kalangan perempuan dalam menanggapi wacana pelegalan poligami.

 

 


Full Text:

PDF

References


Aceh Tribun News. (2020). Perceraian Wanita Aceh. (https://aceh.tribunnews.com/2020/07/27/perceraian-wanita-aceh. Diakses 10 Oktober 2020).

Zuhrah, Fatimah. (2010). Problematika Hukum Poligami Di Indonesia: Analisis Terhadap UU No. 1 Tahun 1974 Dan KHI. Jurnal Al-Usrah. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/alusrah/article/download/1342/1089 (diakses 24 Oktober 2020)

Ghazaly, Abdul Rahman. (2006). Fiqih Munakahat. Jakarta: Kencana.

Darmawijaya, Edi. (2015). Poligami dalam Hukum Islam dan Hukum Positif: Tinjauan Hukum Keluarga Turki, Tunisia dan Indonesia. Jurnal Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies. Vol.1 No.1, hal: 27-38.

Desiderato, D.B. Howeison. & J.H. Jackson. (1976). Investigating Behaviour: Principles of Psychology. New York: Harper & Row Publisher.

Rakhmat, Jalaludin. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Kotler, Philip dan Kevin Lanne Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (1993). Manajemen Pemasaran, Perencanaaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.35308/source.v6i2.2690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:
 




Creative Commons License

Jurnal SOURCE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.