Analisis Peran Public Relations Dalam Membentuk Citra Hotel Ra Premiere Simatupang Melalui Kampanye “We Act”

Febrilian Aulia Sukmananda, Sri Tunggul Panindriya

Abstract


Industri perhotelan kini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Salah satu hotel yang berdiri tahun 2017, berkonsep “eco friendly hotel” adalah Hotel Ra Premiere Simatupang. Peneliti menganalisa “Peran Public Relations dalam Membentuk Citra Hotel Ra Premiere Simatupang melalui Kampanye “We Act”” menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan wawancara. Data dilengkapi dengan data sekunder dari penelitian sebelumnya, arsip, serta berita terkait dengan topik penelitian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran public relations dalam membentuk citra Hotel Ra Premiere Simatupang di mata para tamu melalui Kampanye Public Relations “We Act”. Penelitian ini juga menggunakan teori peran public relations oleh Ruslan, dengan menghasilkan peran sebagai communicator, membina relationship, sebagai backup management, sebagai corporate image. Hambatan yang ditemukan peran public relations yaitu kurangnya intensitas terhadap publik internal. Hasil penelitian menunjukan bahwa public relations memiliki peran penting dan sudah menjalani perannya sesuai dengan teori yang digunakan untuk membentuk citra Hotel Ra Premiere Simatupang.


Full Text:

PDF

References


Amalya, R. (2015). Strategi Kampanye Public Relations Listrik Pintar PT PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau dalam Mewujudkan Smart Consumer di Pekanbaru dalam Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Universitas Riau. Jom FISIP, Vol.2, No.2. Diperoleh dari :

https://media.neliti.com/media/publications/32429-ID-strategi-strategi-strategi-strategi-strategi-strategi-kampanye-kampanye-kampanye.pdf

Ardianto, E. (2011). Handbook of Public Relations. Pengantar Komprehensif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ardianto, E. (2016). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations: Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Badan Pusat Statistik. Statistik Hotel dan Tingkat Penghunian Kamar Hotel 2018. Jakarta: ©BPS Provinsi DKI Jakarta. Diperoleh dari: https://jakarta.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=Y2NlYjVkZmZiMmMwMWE3MjI2MWZlNzdi&xzmn=aHR0cHM6Ly9qYWthcnRhLmJwcy5nby5pZC9wdWJsaWNhdGlvbi8yMDE5LzA3LzA0L2NjZWI1ZGZmYjJjMDFhNzIyNjFmZTc3Yi9zdGF0aXN0aWstaG90ZWwtZGFuLXRpbmdrYXQtcGVuZ2h1bmlhbi1rYW1hci1ob3RlbC1ka2ktamFrYXJ0YS0yMDE4Lmh0bWw%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyMC0wNi0xMiAyMTozNjowOA%3D%3D

Bobbitt, R., & Sullivan, R. (2013). Developing the Public Relations Campaign: A Team-Based Approach. USA: Pearson.

Danandjaja. (2011). Peranan Humas dalam Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Daud, R. F., & Apriliani, D. (2017). Kampanye Public Relations Partai Nasional Demokrat (NASDEM) melalui Sosialisasi Program Kampung Enterpreneur Creative (KECE) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi. Jurnal Analisis Sosial Politik, 249-262. Diperoleh dari :

http://jurnal.fisip.unila.ac.id/index.php/sefila/article/view/414/324

Haningtyas, A. (2018). Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Hotel Sahid Melalui Event Yoga. Jurnal Riset Komunikasi. P-ISSN: 2615-0875. E-ISSN: 2615-0948. Vol.01, No.01. Diperoleh dari :

https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i2.31

Hartati, W. (2013). Peranan Humas Pemerintah Kota Samarinda Dalam Mengkampanyekan Program Kaltim Green. Diperoleh dari : https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/08/eJurnal%20Widi%20Hartati%20(08-20-13-02-11-06).pdf

Ikeda, K., & Marshall, A. (2016). How successful organizations drive innovation. Strategy and Leadership, 44(3), 9–19. https://doi.org/10.1108/SL-04-2016-0029

Kementerian Keuangan [n.d.]. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Diperoleh dari website :

https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2009/10TAHUN2009UU.HTM

Kencana, B., Agustina, I., Panjaitan, R., & Sulistiyanto, R. (2015). Panduan Praktis Penghematan Energi di Hotel. Jakarta: Iced Project.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Group.

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches Seventh Edition. England, UK: Pearson Education Limited.

Nurjaman, K. & Umam, K. (2012). Komunikasi & Public Relations. Bandung: CV Pustaka Setia.

Roedji, N. R. (2016). Hotel Hijau Sebagai Alternatif Pengurangan Dampak Lingkungan. Jurnal Pariwisata Pesona. ISSN : 1410 – 7252. Vol. 18, No. 01.

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sinangjoyo, N. J. (2013). Green Hotel Sebagai Daya Saing Suatu Destinasi. Jurnal Nasional Pariwisata, Vol.5, No.2. ISSN: 1411-9862.

Soemirat, S. & Ardianto, E. (2012). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi (STD). Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Supriadi, B. (2016). Investigasi Green Hotel Sebagai Alternatif Produk Ramah Lingkungan. Prosiding SENIATI, (Book-2). ISSN : 2085-4218.

Theaker, A. & Yaxley, H. (2013). The Public Relations handbook. Oxon, UK: Routledge.

Venus, A. (2018). Manajemen Kampanye Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Publik Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Widjaja. (2010). Komunikasi: Komunikasi dan hubungan masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.35308/source.v7i1.2962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:
 




Creative Commons License

Jurnal SOURCE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.