A DISCOURSE ANALYSIS ON SHORT COMMERCIAL ADVERTISEMENT

Cut Irna Liyana

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Wacana pada Iklan Komersial Pendek”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis struktur wacana yang digunakan pada iklan komersial, untuk mengetahui penggunaan bahasa pada iklan komersial, dan untuk mengetahui teknik persuasi apa yang digunakan pada iklan komersial tersebut. Periklanan adalah salah satu bentuk komunikasi non- personal, yang berkaitan dengan penjualan produk kepada konsumen melalui media massa. Iklan dibagi menjadi berbagai jenis. Dalam penelitian ini, penulis mengkhususkan pada iklan yang bertujuan untuk menjual produk barang atau jasa, yang disebut dengan iklan komersial. Setiap iklan menggunakan bahasa dan teknik tertentu untuk menarik perhatian calon konsumen. Dua komponen itulah yang menentukan kesuksesan iklan komersial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi. Peneliti melakukan pengamatan pada iklan komersial dalam bentuk rekaman video. Guna mempermudah jalannya penelitian, peneliti juga mentranskripsikan narasi iklan komersial tersebut. Langkah terakhir, peneliti menganalisis struktur dan penggunaaan bahasa pada iklan tersebut. Adapun iklan komersial yang dianalisis pada penelitian ini adalah iklan diaper yang sangat terkenal di Indonesia, yaitu iklan Pampers. Berdasarkan analisis data, penulis menemukan bahwa; pertama, struktur dari iklan terdiri dari tiga bagian, yaitu: bagian judul, badan iklan dan penutup. Bagian judul bertujuan untuk menarik perhatian target pasar tertentu, badan iklan menunjukkan hal yang menarik dari produk dan penutup menggunakan teknik penjualan yang halus; kedua, iklan komersial Pampers menggunakan bahasa Inggris nonformal; dan ketiga, teknik persuasi yang digunakan dalam iklan komersial Pampers adalah teknik logos.

Kata Kunci : Wacana, Struktur, Persuasif, Bahasa, Iklan Komersial.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35308/source.v2i3.615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:
 




Creative Commons License

Jurnal SOURCE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.