Evaluasi Sanitasi Pangan pada Produksi Brownies Skala Industri (Studi Kasus di UMKM Libby Brownies)

Aurin Owen, Defiana Defiana, Helen Tjota, Veshia Handoko, Stefhanie Stefhanie, Novriaman Pakpahan, Warsono El Kiyat

Abstract


Saat ini, industri rumah tangga banyak berkembang di Indonesia. UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Libby brownies merupakan salah satu usaha rumah tangga di Kota Tangerang Selatan yang bergerak dalam bidang tata boga khususnya dalam usaha pembuatan brownies. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi proses produksi brownies dan sistem sanitasi pangan yang diterapkan oleh UMKM Libby Brownies. Penelitian dilakukan dengan observasi tempat produksi dan wawancara langsung dengan pemilik UMKM dan pekerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Libby Brownies telah menerapkan konsep CPPOB (Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik). Dalam penerapan CPPOB, UMKM Libby Brownies telah melakukan upaya dalam menjaga sanitasi produk. Namun, masih banyak ditemukan masalah, seperti kondisi keramik lantai yang pecah serta cat dinding yang sudah mengelupas dan bernoda kecoklatan. Masalah-masalah ini perlu ditangani karena dapat berdampak buruk pada produk yang dihasilkan dan juga kepada konsumen. Oleh karena itu, UMKM Libby Brownies masih harus menjalani banyak perbaikan berkaitan dengan kebersihan dan kelayakan lokasi produksi. Sosialiasi dan pengawasan perlu dilakukan oleh pemerintah pusat melalui dinas terkait untuk meningkatkan tanggung jawab dan kepedulian UMKM terhadap keamanan dan sanitasi pangan yang diterapkan.


Full Text:

PDF

References


[BPOM] Badan Pengawasan Obat dan Makanan. 2012. Keputusan Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor HK.03.1.23.04.2.2206 tentang cara produksi pangan yang baik untuk industri rumah tangga. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan.

BPOM] Badan Pengawasan Obat dan Makanan. 2014. Peraturan kepala badan pengawas obat dan makanan Republik indonesia Nomor 11 tahun 2014 Tentang Tata cara sertifikasi cara produksi pangan olahan yang baik. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan.

[BPOM] Badan Pengawasan Obat dan Makanan. 2018. Pedoman pemberian sertifikat produksi pangan industri rumah tangga. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Fadly M, Suhendro D, dan Putra A. 2019. Perancangan aplikasi persediaan barang dan bahan makanan menggunakan metode FIFO pada KFC pematangsiantar. Jurnal Ilmiah Media Sisfo 13(1):48-58.

Jusup L. 2007. Seri Quick Cooking: Brownies klasik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kementerian Perindustrian. 2010. Peraturan Menteri perindustrian republik indonesia Nomor: 75/m-ind/per/7/2010 tentang Pedoman cara produksi pangan olahan yang baik (good manufacturing practices). Jakarta: Kementerian Perindustrian.

Purba DF, Nuraida L, dan Koswara S. 2014. Efektivitas program peningkatan mutu dan keamanan pangan industri rumah tangga pangan (IRTP) di Kabupaten Cianjur. J. Standard. 16(2): 103-112.

Ristyanadi B dan Hidayati D. 2012. Kajian penerapan good manufacturing practice (GMP) di industri rajungan PT.kelola mina laut madura. Agrointek 6(1):55-64.

Rizki M, Limbong W.H, dan Suharjo B. 2011. Kajian manajemen mutu perspektif six sigma pada perusahaan elsari brownies dan bakery bogor. Manajemen IKM 6(1): 39-48

Sudibyo A., Rahay SE., Rohaman MM, et al. 2001. Pengembangan dan penerapan sistem HACCP (hazard analysis critical control point) pada industri pangan indonesia. Warta IHP 18(1):7-18.

Surono IS., Subdyo A., dan Waspodo P. Pengantar Keamanan Pangan untuk Industri Pangan (hal 24-25). Yogyakarta:Deepublish.

Tarigan N. 2009. Bibliografi beranotasi: Hasil penelitian Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Tanjung pinang. Tanjung pinang: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Tanjung pinang.




DOI: https://doi.org/10.35308/jtpp.v2i1.2174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

JURNAL TEKNOLOGI PENGOLAHAN PERTANIAN
e-ISSN: 2723-5157 --- DOI: 10.35308

UNIVERSITAS TEUKU UMAR

Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia.

+62 655-7110535 ; +6285260005998

License Creative Commons This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------