Penyuluhan Alur Pendaftaran Pasien di Rumah Sakit pada Anak Asrama Medan

Pomarida Simbolon, Nagoklan Simbolon, Pestaria Saragih, Nasipta Ginting, Arjuna Ginting, Jev Boris, Adrian Hutauruk, Anthonyus Anthonyus

Abstract


Pendaftaran pasien merupakan proses awal terjadinya rekam medis di setiap fasilitas pelayanan kesehatan, di tempat pendaftaran pasien akan di data identitas pribadi pasien serta keperluan kunjungannya ke rumah sakit. Selain mencatat data identitas pasien, akan diperlukan juga pendataan lain mengenai penanggung jawab pasien, asuransi, pekerjaan, dan lain sebagainya. Dalam sistem pendaftaran, pasien akan diterima sebagai pasien rawat jalan, dan rawat inap. Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan anak asrama tentang alur pendaftaran pasien di Rumah Sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan. Kegiatan pengabdian dilakukan dalam beberapa tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, serta tahap evaluasi. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Hasil pengabdian diperoleh nilai pretest 61,90 dan nilai posttest. 77, 14. Terjadi peningkatan pengetahuan anak asrama setelah dilakukan penyuluhan tentang alur pendaftaran pasien di Rumah Sakit 15,24 poin, yang berarti bahwa penyuluhan tentang alur pendaftaran pasien di rumah sakit yang dilaksanakan berdampak terhadap peningkatan pengetahuan peserta penyuluhan.


Keywords


pedaftaran; rawat jalan; rawat inap; pasien

Full Text:

PDF

References


Agustina (2010) Tinjauan Alur Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan Peserta Jamkesmas Di RSUD Kabupaten Karanganyar. Jurnal Kesehatan, ISSN 1979-9551, Vol. IV, No. 2, Oktober 2010, Hal 38-6

Aguilera, M. (2009). UU RI No.44 Tahun 2009. UU RI No.44 Thn 2009, 2(5), 255

Gurbanova, A. (2016). Sistem Informasi Pendaftaran pasien Di Klinik Mitra Kita Semarang. Skripsi, 1–17.

Havivah (2021). Pengaruh Lama Waktu Tunggu Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Waringinkurung Havivah. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Volume 1 (12), 1789-1795.

Nengsih (2021). Tinjauan Alur Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan Peserta Bpjs Di Rsu Imelda Pekerja Indonesia Medan. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda Vol.6 No.1, Februari 2021. Http://Jurnal.Uimedan.Ac.Id/Index.Php/Jipiki

Ranah (2022). Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di RSUD Tebet Jakarta Selatan. Indonesian Journal of Health Information Management (IJHIM) Vol. 2 No. 1 (2022). Website: Ijhim.Stikesmhk.ac.Id/Index.Php/Tinjauan

Wijaya L. 2017. Manjemen Informasi Kesehatan Ii: Sistem Dan Sub Sistem Pelayanan Rmik. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta

Widjaja, L. (2015). Manajemen Informasi Kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35308/lok%20seva.v1i1.6219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lok Seva: Jurnal of Contemporary Community Service

Indexed by:

Editorial Office:

Jl. Alue Peunyareng, Meureubo, Aceh Barat, Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar (UTU), Gedung Kuliah Terintegrasi (GKT) UTU, Lantai II.

 

 

Creative Commons License

Jurnal Lok Seva is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License