Analisis Faktor Risiko Terhadap Angka Kematian Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Johan Pahlwan (Rundeng) Kabupaten Aceh Barat

Nurhafni Nurhafni, Yarmaliza Yarmaliza, Zakiyuddin Zakiyuddin

Abstract


Kematian bayi adalah kejadian kematian yang terjadi pada priode sejak bayi lahir sampai bayi belum berusia tepat satu tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan jarak kehamilan, jumlah anak, sosial ekonomi, penegetahuan ibu, dan pemeriksaan antenatal care dengan faktor risiko terhadap kematian bayi di Wilayah kerja Puskesmas Johan Pahlawan Rundeng Kabupaten Aceh Barat. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Metode sampel yang digunakan yaitu Total Sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji satistik Chi Square (α=0,05) dengan penentuan odd ratio (PR). Dari hasil penelitian didapatkan bahwa faktor risiko yang berhubungan dengan kematian bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Johan Pahlawan Rundeng Kabupaten Aceh Barat adalah Pengetahuan ibu ( P Value =0,023, RP = 2,9), Sosial Ekonomi (P Value =0,010, RP = 0,36), sedangkan yang tidak memiliki hubungan antara faktor risiko dengan kematian bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Johan Pahlawan Rundeng Kabupaten Aceh Barat adalah Jarak Kehamilan (P Value =0,221), Jumlah Anak (P Value =0,803, RP =1,5) dan Pemeriksaan Antenatal Care (P Value=0,948, RP = 1,18). Dengan ini disarankan kepada seluruh instansi kesehatan yang berada disekitar Aceh Barat untuk saling bekerja sama dalam memberikan informasi mengenai faktor yang berhubungan dengan kematian bayi.


Full Text:

PDF

References


Christina, S. 2017. Hubungan Jarak Kehamilan dengan Kejadian BBLR di RSUD Dr.Wahiddin Sudiro Husodo Kab. Mojokerto.s

Darmayanti, W. 2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Ibu dalam Melakukan Kunjungan Antenatal Care di Wilayah Kerja Puskesmas Gambut, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.s

Dewi, M. 2015. Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Pemeriksaan Kehamilan Terhadap Kunjungan Antenatal Care di Puskesmas Makmur Kabupaten Bireun.

Dinas Kesehatan Aceh Barat 2019. Dinas Kesehatan Aceh Barat tahun 2019. Kabupaten Aceh Barat. Dinas Kesehatan Aceh Barat.

Dwi, A. dkk. 2016. Pengaruh Karakteristik Sosial Ekonomi terhadap Angka Harapan Hidup dan Angka Kematian Bayi di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur.

Eka, M.Y. 2014. Hubungan Usia dan Jarak Kehamilan dengan Kejadian BBLR di RSUD Panembahan Senopatibantu Yogyakarta.

Gill SV, My-Benson TA, Teasdale A, Minsell EG. 2013. Birth and Developmental Correlates Of Birth Weight in A Sample Of Children With Potential Sensory Processing Disorder.

Jefri, S. dkk. 2015. Faktor yang berhubungan dengan Pemeriksaan Antenatal Care (ANC) Kujungan 1- Kunjungan 4 (K1-K4) Pada Ibu Hamil di RSUD Kota Kendari..

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014 Peraturan Menteri Kesehatan Republi Indonesia No 25 Tahun 2014 tentang Upaya Kesehatan Anak. Jakarta: Biro Hukor Seketariat Jendral Kementerian Kesehatan

Kementerian Kesehatan. Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun2015 – 2019. Jakarta:Sekretariat Jenderal

KementerianKesehatan; 2015.

Nusar, H. dkk. 2018. Pengaruh fasilitas kesehatan dan faktor sosio-ekonomi terhadap derajat kelangsungan hidup anak melalui pemodelan persamaan terstuktur.

Oktavia, W. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kematian Maternal (e- Journal)Volume 4, Nomor 4, Oktober 2016 (ISSN: 2356-3346) :979-3557-00

Puskesmas Johan Pahlawan, 2019. Profil Kesehatan Kecamatan Johan Pahlawan tahun 2019 Johan Pahlawan. Puskesmas Johan Pahlawan.

Rahajeng, D.A, dkk (2016). Pengaruh Karakteristik Sosial Ekonomi terhadap Angka Harapan Hidup dan Angka Kematian Bayi di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur.

Sandra, S. 2015. Faktor-faktor Resiko Kejadian Berat Bayi Lahir Rendah di Wilayah Kerja Unit Pelayanan Terpadu Puskesma Gianyar II.

Septiana, D.S, dkk. 2011. Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Keluarga dengan Kematian Perinatal di Wilayah Kerja Puskesmas Baamang Unit II Sampit Kalimantan Tengah.

Unicef. 2015. Child Mortality Eatimate “Under- Five Mortality Rate, Infant Mortality Rate, Neonatal Mortality Rate and Number of Deaths” UN Inter-agency Group for Child Mortality Estimation (IGME) http://www.childmortality.org.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.