Strategi PT Jasa Raharja Perwakilan Meulaboh Dalam Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang Keterjaminan Santunan Kecelakaan

Dewi Handayani, Leli Rahmana Sari

Abstract

PT Jasa Raharja Perwakilan Meulaboh ialah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berada di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh PT Jasa Raharja Perwakilan Meulaboh dalam membangun pemahaman masyarakat mengenai tugas pokok, fungsi dan cara pengurusan santunan kecelakaan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, cara mengumpulkan data melalui wawancara dengan narasumber, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT Jasa Raharja Perwakilan Meulaboh sudah melaksanakan sosialisasi dan kerjasama dengan mitra dibuktikan dengan terlaksananya pendekatan operasional dan pendekatan kerjasama yang berperan penting dalam membangun pemahaman masyarakat mengenai pentingnya asuransi wajib dan asuransi sosial. Adapun hambatan dalam sosialisasi yang dilakukan oleh PT Jasa Raharja Perwakilan Meulaboh pada tahun 2021 ialah kurangnya anggaran yang diberikan untuk melaksanakan sosialisasi karena adanya wabah penyakit covid 19, sehingga program yang sudah direncanakan belum terlaksana dengan baik. Hasil survey yang dilakukan terhadap nilai kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan mendapatkan feadback yang baik. untuk itu dapat dikatakan bahwa masyarakat sudah paham dan mengerti tentang Asuransi wajib dan asuransi sosial.

Full Text:

PDF

References

Andriani, R., & Fatimah, R. (2018). Strategi Experiential Marketing Sebagai Metode Pendekatan Dalam Meningkatkan Revisit Intention Wisatawan Sabda Alam Garut. Jurnal Kajian Ilmiah, 18(3), 206.

https://doi.org/10.31599/jki.v18i3.287

Asri, K. N., Saptono, H., & Njatrijani, R. (2017). Pelaksanaan Asuransi Sosial Pada PT Jasa Raharja (Persero) Terhadap Korban Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Semarang. Pelaksanaan Asuransi Sosial Pada PT. Jasa Raharja (Persero) Terhdap Korban Kecelakaan Lalu Lintas Di Semarang, 6(2), 1–17.

Citra, I. P. A. (2017). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pengembangan Ekonomi Wilayah Pesisir Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(1), 31. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v6i1.8484

Hambali, M. M. P. (2017). Strategi Humas Perusahaan Donggi Senoro Liquefied Natural Gas Dalam Membangun Citra Positif Melalui Program Corporate Social Responsibilit Y Di K Ecamatan Batui K Abupaten Bangga. Acta Diurna, VI(1), 5–6. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15489/15455

Hanana, A., Elian, N., & Marta, R. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Menciptakan Masyarakat Sadar Wisata Di Kawasan Wisata Pantai Padang, Kota Padang. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1), 34. https://doi.org/10.22202/mamangan.1886

Hidayat, P. R., Ritonga, S., & Suharyanto, A. (2020). Strategi Pemasaran Brothers Café dalam Membangun Brand Image Bagi Pengunjung Di Kota Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1), 33–37. https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i1.151

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No.16 Tahun 2017 Tentang Besar Santunan SWDKLLJ, (2017).

Peraturan Menteri Keuangan RI No.15 Tentang Besar Santunan IWKBU, Pub. L. No. 15/PMK.010/2017 (2017).

Mardiana, W., Hamim, H., & Widiyanto, K. (2018). Strategi Komunikasi Public Relations Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Timur Untuk Meningkatkan Citra Di Mata Publik. Representamen, 3(02), 1–6. https://doi.org/10.30996/.v3i02.1415

Muzaqi, A. H., Pratama, M. R., & Widodo, S. (2020). Strategi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Disabilitas Netra Melalui Kebijakan Ingklusif. Journal Publicuho, 3(3), 381. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i3.14010

Noor, N. N., Rahardjo, K., & Ruhana, I. (2016). Pengaruh Stres Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT JasaRaharja (Persero) CabangJawaTimur di Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 31(1), 9–15.

Nurjanah & Yasir. (2017). Strategi Komunikasi Inovasi Dalam Pengembangan Potensi Wisata. 2–20.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang, 4 (1964).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, 1 (1964). www.bphn.go.id

Manual Administrasi Pelayanan Santunan & Pencegahan Kecelakaan Dan Standar Prosedur Operasional.

Ringo, R. L. S., & Wirawan, I. (2020). Strategi Komunikasi Stakeholder Dalam Pengembangan Wisata Baru Berbasis Alam Dan Budaya Pada Obyek Wisata Kuta Mandalika Lombok. … : Jurnal Ilmu Sosial …, 46–53. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/385

Riyanti, A., Lisapaly, D., Breemer, J., & Hamid, A. (2019). Membangun Loyalitas Nasabah Asuransi Pada PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Kota Kendari. Manajemen Dan Ekonomi, 3(8), 1–11.

Saputra, E. S., & Nurdin. (2019). Strategi Humas dalam Meningkatkan Pemahaman Masyarakat terhadap Asuransi Kecelakaan Lalu-lintas Jalan dan Penumpang Umum pada PT. Jasa Raharja Cabang Riau. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 1(2656–8330), 262–275.

Suryaningsum, S., Purwanto, Heru, S., Kusumastutik, B., & Tanjung, Rakyan, W. (2020). Strategi Universitas Meraih Nilai Tinggi Untuk Jurnal Terakreditasi Dalam Sinta. Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora, 4(1), 73–79.

Widiantara, I. K. A. (2020). Strategi Public Relations Pemprov Bali Menuju Bali Bebas Sampah Plastik. … : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 97, 84–91. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/390

Rastuti, Tuti. (2016). Aspek Hukum Perjanjian Asuransi. Yogyakarta: Medpress Digital.

Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: Cu Jejak.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Intergrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.