Analisis Kualitas Pelayanan dalam Pengembangan Kompetensi Mahasiswa MBKM di Prodi Ilmu Administrasi Negara Universitas Teuku Umar
Abstract
This study aims to examine the public services in developing student competencies to support the implementation of MBKM in the state Administration Science Studi Program. This study uses a qualitative method whit a descriptive approach. In collecting data, the author uses the method of observation, interviews, and documentation. Documents and data analysis techniques using the method of reduction, presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that public service in developing student competencies has been carried out well. In addition, support in developing student competencies includes support from agencies, the existence of an MBKM guidebook, having a website, facilities and infrastructure, and the development of the MBKM curriculum.
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Kemdikbud. Diakses dari https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020
Fatah, A. (2021). Eksplorasi Dukungan Industri Mitra dalam Pelaksanaan Magang pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Prosiding SNASTEP: Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang. Diakses dari https://www.researchgate.net/profile/Choirudin-Choirudin/publication/355356397_Prosiding_SNASTEP_2021/links/616b97ebb90c51266254f4a5/Prosiding-SNASTEP-2021.pdf#page=321
KBBI. (n.d). Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Lubis, R. R. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru dalam Perspektif Islam. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2). Diakses dari http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/83
Nurcahyo, R. W., & Kartowagiran, B. (2015). Praktik Pengalaman Lapangan dan Dampaknya Terhadap Kompetensi Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika dan Komputer. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 236–247. Diakses dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/6418
Permendikbud No. 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
Rahmadanik, D., & Shafira, A. P. (2021). Pelaksanaan Pelayanan Prima di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Nganjuk. Journal of Public Administration and Local Governance, 5 (2), 103-114. Diakses dari https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/publicadminis/article/viewFile/4803/2131
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suhraeni & Nur Solikin. (2021). Implementasi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Rechtenstudent Journal, 2 (1), 103. Diakses dari https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/index.php/rch/article/view/47/42
Tanjung, R., dkk. (2019). Manajemen Pelayanan Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 234– 242. https://doi.org/10.31955/mea.vol3.iss1.pp234-242
Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.
Yayat, R. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2, 56–65. Diakses dari http://jurnal.unnur.ac.id/index.php/jimia/article/view/32
Yusuf, K., dkk. (2021). Peningkatan Manajemen Sistem Informasi dan Uji Kompetensi Mahasiswa Melalui Rancang Bangun Sistem Informasi dan Uji Kompetensi Lsp Polmed. Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 5(1), 60–68. Diakses dari https://jurnal-backup.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/430
Refbacks
- There are currently no refbacks.