IDENTIFIKASI BAKTERI ESCHERICHIA COLI DALAM SUMBER AIR BERSIH DI PERUMAHAN GRIYA MAHONI ACEH BARAT

Adindawati Adindawati, Darmawi Darmawi, Sukma Elida, Darmawan Darmawan

Abstract

Fungsi air bagi kehidupan tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Pada orang dewasa sekitar 55-60% berat badannya terdiri atas air, anak-anak sekitar 65%, sedangkan bayi sekitar 80%. Dalam tubuh manusia air juga diperlukan untuk melarutkan berbagai jenis zat. Air yang tidak aman dapat menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat global dan menempatkan orang pada sejumlah resiko penyakit diare dan penyakit infeksi lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya cemaran bakteri Escherichia coli dalam sumber air bersih di perumahan Griya Mahoni Aceh Barat dan kelayakan pakai air bersih yang ada di perumahan Griya Mahoni Aceh Barat. Metode yang digunakan peneliti adalah deskriptif dengan pendekatan observasional, dengan jumlah sampel penelitian 10 sampel yang terdiri dari 5 sampel air bersih di perumahan Griya Mahoni Paya Peunaga dan 5 sampel air bersih di perumahan Griya Mahoni Ranto Panyang Timur. Yang menjadi permasalahan pada air bersih di Perumahan Griya Mahoni Aceh Barat adalah jarak sumber pencemar yang kurang dari 10 meter sehingga kandungan bakteri dalam air cukup tinggi. Kesimpulan yang dapat diambil adalah 5 dari 10 sampel yang diteliti terdapat kandungan bakteri Escherichia coli dan tidak memenuhi syarat biologis air bersih, 2 diantaranya terdapat di perumahan Griya Mahoni Paya Peunaga 3 lainnya di Ranto Panyang Timur. peneliti menyarankan untuk instansi dan masyarakat agar lebih memperhatikan jarak sumber pencemar dengan sumber air bersih sehingga air yang digunakan tidak mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat.

 

Kata Kunci : Air, Bakteri, Escherichia coli, Sumber Pencemar.

Full Text:

PDF

References

Bakri, Z., Hatta, M. Dan Massi, M.N. 2015. Deteksi Keberadaan Bakteri Escherichia coli 0157:H7 Pada Feses Penderita Diare Dengan Metode Kultur dan PCR. Jurnal Kesehatan. April 2015 Volume 5 No. 2 : 184-192. ISSN 22252-5416. Fakultas Kedokteran. Universitas Hasanuddin. Makasar.

Baziboroun, M., Bayani, M., Poormontaseri, Z., Shokri, M. dan Biazar, T. 2018. Prevalence and Antibiotic Susceptibility Pattern of Extended Spectrum Beta Lactamases Producing Escherichia coli Isolated From Outpatiens With Urinary Tract Infections in Babol Northern of Iran. Journal. Vol. 31 No. 2, University of Science. Iran.

Cho, S., Hiott, L.M., Barrett, J.B., Millan, E.A.M., House, S.L., Humayoun, S.B., Adams, E.S., Jackson, C.R dan Frye, J.G. 2018. Prevalence and Characterization of escherichia coli Isolated From the Upper Oconee Watershed in Northeast Georgia. Journal Pone. 0197005. Georgia.

Ganefati, S.P., Siti, H.I., dan Purwanto. 2015. Pengolahan Air Minum Sumur Gali Untuk Rumah Tangga Secara Aerasi, Filtrasi dan Desinfeksi. Jurnal Teknologi dan Lingkungan. P3TL-BPPT.6(1): 262-267.

Permenkes RI. 2019. Kepmenkes RI No.43/Menkes/Per/XIV/2019. Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta.

Permenkes RI. 2017. Kepmenkes RI No. 32/Menkes/Per/2017. Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus per Aqua, dan Pemandian Umum. Jakarta.

Nurkhikmah, S. dan Budiono Z. 2017. Kualitas Mikrobiologis Air Minum Isi Ulang Pada Depot Air Minum Isi Ulang Di Wilayah Kerja Puskesmas Kebasen Kabupaten Banyumas Tahun 2017. Jurnal. Jurusan Kesehatan Lingkungan. Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Purwokerto.

Kemenkes RI. 1990. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 416/MENKES/PER/IX?1990 Tentang Syarat-Syarat dan Pengawasan Kualitas Air. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Sapulete dan Margareth, R. 2015. Hubungan Antara Jarak Septic tank Ke Sumur Gali Dan Kandungan Escherichia coli Dalam Air Sumur Gali Di Kelurahan Tuminting Kecamatan Tuminting Kota Manado. Jurnal Biomedik. Vol 2. No 3.

Siska, M.P. 2020. Gambaran Pemeriksaan Widal Salmonella typhi O dan H Metode Slide Pada Penderita Diare di RS Kartika Husada Kudus. Thesis. Program Studi D-III Analis Kesehatan. Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Semarang. http://repository.unimus.ac.id

Refbacks

  • There are currently no refbacks.