HUBUNGAN PERILAKU BUDIDAYA DALAM PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA PADA IBU RUMAH TANGGA DI DESA SIMPANG KECAMATAN BAKONGAN TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN

Jasmidar Jasmidar, Khairunnas Khairunnas, Siti Maisyaroh Fitri, Enda Silvia Putri

Abstract

Tanaman Obat Keluarga adalah sebidang tanah baik lahan pekarangan rumah, kebun dan ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga dan masyarakat akan obat dan biasa di sebut dengan nama apotek hidup . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  hubunganperilaku budidaya dalam pemanfaatan tanaman obat keluarga pada ibu rumah tangga di desa simpang kecamatan bakongan timur kabupatenaceh selatan.Metode penelitian Kuantitatif  dengan desain penelitian menggunakan cross sectional, Populasi dalam penelitian ini ibu rumah tangga yang berjumlah 129 orang, dengan sampel metode simple random sampling yaitu 97 ibu rumah tangga. Menggunakan analisis univariat, analisis bivariat dengan Uji Chi – Square. Hasil penelitian ini variabel tingkat pengetahuan  nilaiPvalue 0,000, variabel tingkat sikap nilai Pvalue 0,110, variabel  tingkat tindakan nilai Pvalue 0,33. Kesimpulan berdasarkan penelitian ini adalah tidak ada hubungan sikap dan tindakan  dalam budidaya pemanfaatan tanaman obat keluarga, terdapat hubungan pengetahuan ibu rumah tangga dalam budidaya pemanfaatan tanaman obat keluarga. Saran diharapkan kepada masyarakat di desa simpang perlu diadakan  upaya pelestarian warisan budaya nenek moyang tentang tanaman obat keluarga oleh generasi muda saat ini,diharapkan kepada masyarakat pemanfaatan tanaman obat keluarga perlu di tingkatkan lagi sebagai pengobatan alternatif yang berguna, dan perlunya penyuluhan rutin khususnya tentang tanaman obat keluarga di Desa Simpang Kecamatan Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan yang dilakukan Tim penggerakan PKK.

 

Kata Kunci : Pengetahuan;  Sikap; Tindakan;  TOGA.

 

 

 

 

Full Text:

PDF

References

Ani Astuti. 2016. Tiga Faktor Penggunaan Obat Herbal Hipertensi di Kota Jambi. Journal Endurance.Vol.2, No< 1. ISSN 181-1

Afriliana Nurrahimah Igha Puspita. 2019. Gambaran Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Terhadap Penggunaan Obat Tradisional di Kecamatan Mlati.Jurnal kefarmasian Indonesia.Vol 7, No 2, ISSN 2085-877087.

Dewi Fuziyarni Indah. 2019. Hubungan Sikap Tentang Obat Tradisional dan Obat Modern dengan Tindakan Pemilihan Obat Untuk Pengobatan Mandiri di Kalangan Masyarakat Kecamatan Landasan Ulin Kota.

Kinho J dkk, 2011.Tumbuhan Obat Tradisional Di Sulawesi Utara Jilid II. Balai Penelitian Kehutanan Manado, Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan kementrian Kehutanan. Manado.

Rasmi Zakiah Oktarlina.,2018. Hubungan Pengetahuan dengan Penggunaan Obat Tradisional di Desa Nunggolrejo Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah.Vol. 2, No 1. ISSN: 2655- 1802.

Tyas F. Dewi, Ulfatun Nisa. 2019.Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Obat Tradisional pada Pasien Hiperkolesterolemia di Rumah Riset Jamu “Hortus Medicus. Jurnal Farmasi Klinik.

Notoatmodjo, S., 2016.Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.