EDUKASI DAN KAMPANYE PUBLIK TENTANG PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM RANGKA PENGURANGAN POTENSI PENYEBARAN VIRUS COVID-19

Yusnaidi Yusnaidi, Mirdha Fahlevi SI, Amsal Irmalis

Abstract

Pandemi Covid-19 merupakan bencana kemanusian yang membutuhkan kontribusi semua elemen bangsa untuk mengurangi potensi penyebaran dan jatuhnya korban sesuai dengan kapasitas masing-masing. Atas dasar pemikiran tersebut, kami melaksanakan kegiatan kampanye publik dengan menargetkan kelompok remaja, ibu rumah tangga dan pedagang kaki lima sebagai target kampanye. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun awareness akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan dan mengedukasi masyarakat tentang informasi yang benar mengenai Covid-19. Dalam mencapai tujuan tersebut kegiatan ini dilaksanakan dengan cara melakukan komunikasi langsung dengan masyarakat secara personal atau word of mouth. Strategi ini diharapkan dapat lebih menggugah kesadaran serta memberikan informasi secara lengkap dengan pendekatan yang lebih dapat diterima. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan awareness masyarakat akan manfaat menerapkan protokol kesehatan bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat secara luas. Disamping itu masyarakat mendapatkan informasi yang tepat dan akurat tentang apa yang sebenrnya terjadi dan harus dilakukan di masa pandemi saat ini.

Full Text:

PDF

References

Bonell, C., Michie, S., Reicher, S., West, R., Bear, L., Yardley, L., ... & Rubin, G. J. (2020). Harnessing behavioural science in public health campaigns to maintain ‘social distancing’in response to the COVID-19 pandemic: key principles. J Epidemiol Community Health, 74(8), 617-619.

Jhummon-Mahadnac, N. D., Knott, J., & Marshall, C. (2012). A cross-sectional study of pandemic influenza health literacy and the effect of a public health campaign. BMC research notes, 5(1), 1-8.

Raccanello, D., Vicentini, G., Rocca, E., Barnaba, V., Hall, R., & Burro, R. (2020). Development and early implementation of a public communication campaign to help adults to support children and adolescents to cope with coronavirus-related emotions: A community case study. Frontiers in Psychology, 11, 2184.

Smith, R., Myrick, J. G., Lennon, R. P., Martin, M. A., Small, M. L., Van Scoy, L. J., & Data4Action Research Group. (2020). Optimizing COVID-19 health campaigns: A person-centered approach.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.