Faktor Niat Pembelian produk Fesyen lokal pada Generasi Z dengan menggunakan Regresi Linear Berganda

Nur Irhamni Sabrina, Michael Alexander Hutabarat, Tito Bisma May Willis, Sri Rahmawati, Septi Ayu Angrayni

Abstract


Maraknya produk fesyen impor dipasaran membuat persaingan terhadap produk fesyen lokal. Fesyen menjadi hal yang penting untuk generasi Z karena menjadi salah satu media dalam melakukan ekspresi diri. Sehingga produk fesyen lokal perlu melakukan penyusunan strategi untuk mengetahui variabel yang digunakan oleh generasi Z dalam membeli produk fesyen. Agar mengetahui faktor tersebut dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda dengan mencari hubungan variabel independen yaitu citra produk, harga, kualitas, dan etnosentrimse produk terhadap niat beli fesyen lokal. Penelitian ini menggunakan 107 responden generasi Z yang ada di Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel harga dan citra produk dari suatu produk fesyen lokal tidak berpengaruh terhadap niat beli generasi Z, akan tetapi variabel kualitas dan entonsentrisme produk memiliki pengaruh yang positif terhadap niat beli. Sehingga dengan hasil tersebut menyetakan bahwa generasi Z lebih senang dengan menggunakan produk fesyen lokal yang memiliki kualitas dibandingkan produk impor. Model yang dihasilkan memiliki hasil mean square error sebesar 1,604 dan uji R-square sebesar 72% yang masuk dalam kategori hubungan yang tinggi dan masih ada 28% lagi variabel yang belum diketahui. 

Full Text:

PDF

References


Adiba, R., Cahyani, D. K., Ranjanu, N., & Pramesti, S. W. (2023). Analisis Perilaku Konsumtif Produk Fashion pada Mahasiswa UNNES sebagai Dampak Perkembangan Online Shop. In Jurnal Potensial (Vol. 2, Issue 2). http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/potensial

Ahdiat, A. (2023, September 25). Sekitar 2 Juta Ton Tekstil Impor Masuk Indonesia Tiap Tahun. Databoks.

Blazquez-Resino, J. J., Gutierrez-Broncano, S., Jimenez-Estevez, P., & Perez-Jimenez, I. R. (2021). The Effect of Ethnocentrism on Product Evaluation and Purchase Intention: The Case of Extra Virgin Olive Oil (EVOO). Sustainability, 13(9), 4744. https://doi.org/10.3390/su13094744

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

González-Cabrera, C., & Trelles-Arteaga, K. (2021). Etnocentrismo del consumidor e intención de compra en países en desarrollo. Retos, 11(21), 165–180. https://doi.org/10.17163/ret.n21.2021.10

Guo, X., & Bunchapattanasakda, C. (2020). Impacts of Consumer Ethnocentrism on Purchasing Intention of Electric Vehicles: A Case Study of Henan Province, China. International Business Research, 13(3), 59. https://doi.org/10.5539/ibr.v13n3p59

Kotler P, & Keller K, L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

La Rosa, A., & Johnson Jorgensen, J. (2021). Influences on Consumer Engagement with Sustainability and the Purchase Intention of Apparel Products. Sustainability, 13(19), 10655. https://doi.org/10.3390/su131910655

Liu, M. T., Liu, Y., Mo, Z., Zhao, Z., & Zhu, Z. (2019). How CSR influences customer behavioural loyalty in the Chinese hotel industry. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 32(1), 1–22. https://doi.org/10.1108/APJML-04-2018-0160

Mirabi, V., Akbariyeh, H., & Tahmasebifard, H. (2015). A Study of Factors Affecting on Customers Purchase Intention Case Study: the Agencies of Bono Brand Tile in Tehran. In Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology (JMEST) (Vol. 2, Issue 1). www.jmest.org

Pratama, D., Rustandi, P., & Sastika, W. (2021). PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA BRAND FASHION PULL AND BEAR DI BANDUNG TAHUN 2021. E-Proceeding of Applied Science. www.business.idntimes.com

Purwo Saputro, E., & Probowati Setyaningrum, D. (2023). The Impact of Brand on Purchasing Decisions. International Journal of Management Science and Information Technology, 3(1), 30–38. https://doi.org/10.35870/ijmsit.v3i1.879

Putri, N. R., Rizan, M., & Febrilia, I. (2024). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTHTERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG DENGAN CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGGUNA E-COMMERCEDI JAKARTA. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(3). https://doi.org/10.30651/jms.v9i3.22996

Rahmawati Veronika Ardelia Jovita, & Mettan Vlennery Santho. (2022). PENGARUH PRICE DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP PURCHASE INTENTION KONSUMEN THE HISTORICAL. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (JUMMA), 11(2).

Sharma, P. (2015). Consumer ethnocentrism: Reconceptualization and cross-cultural validation. Journal of International Business Studies, 46(3), 381–389. https://doi.org/10.1057/jibs.2014.42

Tan, Z., Sadiq, B., Bashir, T., Mahmood, H., & Rasool, Y. (2022). Investigating the Impact of Green Marketing Components on Purchase Intention: The Mediating Role of Brand Image and Brand Trust. Sustainability, 14(10), 5939. https://doi.org/10.3390/su14105939

Wandebori, H., & Wijaya, V. (2017). Consumers’ Purchase Intention: Influencing Factors Unveiled at Korean Thematic Café (Case Study: Chingu Café). 16(1), 28–35.

Yeo, S. F., Tan, C. L., Kumar, A., Tan, K. H., & Wong, J. K. (2022). Investigating the impact of AI-powered technologies on Instagrammers’ purchase decisions in digitalization era–A study of the fashion and apparel industry. Technological Forecasting and Social Change, 177, 121551. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2022.121551


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Industri dan Inovasi (INVASI)

Universitas Teuku Umar, Jalan Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Aceh Barat, Aceh. Kode Pos 23615