Fabrikasi Jig Untuk Penggurdian Benda Silindris

Hamdani Hamdani, Sumardi Sumardi, syamsuar syamsuar, Mawardi Mawardi

Abstract


Penggurdian merupakan kegiatan yang sering dilakukan dalam proses manufaktur dan biasanya untuk penempatan baut, pin, dan juga sebagai saluran media tertentu.  Penggurdian pada pipa dilakukan dengan posisi pipa yang dicekam sedemikian rupa sehingga menghasilkan pekerjaan yang presisi. Dengan tuntutan efesiensi dan produktivitas yang tinggi dan produk yang presisi, diperlukan suatu alat bantu atau jig yang efektif dan efisien digunakan untuk melakukan proses gurdi pada benda silindris. Metode yang digunakan adalah melalui observasi kebutuhan di lapangan, kemudian membuat gambar desain alat, selanjutnya memfabrikasi komponen-komponen. Tahapan selanjutnya mengelas dan merakit komponen-komponen tersebut menjadi suatu alat dan pengerjaan finishing. Akhirnya jig diuji yaitu dengan menggurdi benda silindris yaitu pipa dengan hasil yang optimal dan presisi.

Full Text:

PDF

References


Widiyono, Eddy, dkk. Engineering Design of a Gang Drilling Machine Equipped with Jig and Fixtures to Make A Prototype Machine in Birdcage Production. IPTEK, The Journal for Technology and Science, Vol. 22, No. 4, November 2011.

Nugroho, Muhammad Alif Aditya, dkk. Desain Drilling Jig Untuk Pencekaman Pipa Diameter 2 Inch dan Pengeboran Berdiameter 18 mm. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta (2019), 596-602. Depok. ISSN 2085-2762.

Abdurrachman, Ahmad Fauzi, dkk. Rancang Bangun Jig and Fixture Drilling pada Setting Stiffner dan Diafragma. Prosiding Seminar Nasional TeknikMesin Politeknik Negeri Jakarta (2019), 596-602. Depok. ISSN 2085-2762.

Ramadhanis, M dan Basri, H. Rancang Bangun Jig Pengarah Mata Bor Untuk Ring Penahan Poros Ragum (Waktu Permesinan). Seminar Nasional AVoER XI 2019

Palembang, 23- 24 Oktober 2019 Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya

Hoffman, E. G., (1996). Jig and Fixtures Design, 4th Edition,

Delmar Publisher. Clifton Park, New York

Anuj Shrivastava, Anuj. Shyam, N. Jayanth. Design of a Versatile Jig and Fixture for Welding of Suspension Arms. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET). Volume: 07 Issue: 10, Oct 2020. e-ISSN: 2395-0056




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v7i2.4285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.