ANALISA KERUSAKAN DAN PERBAIKAN HYDRAULIC LIFT CYLINDER PADA WHEEL LOADER CATERPILLAR 950

khus faizar darmawi, Herri Darsan Darsan

Abstract


PT WIRATACO MITRA MULIA merupukan perusahaan kontraktor yang beroperasi di bidang kontruksi, dan memproduksi bahan baku untuk proyeknya sendiri. Pada dunia industri, khususnya di PT WIRATACO MITRA MULIA alat berat merupakan kebutuhan yang paling utama. Dan semua kegiatan industri memerlukan alat berat antara lain untuk mengangkut material sehingga dapat di bawa oleh Dump Truck, mengangkat material ke arah dan juga tempat lain dan juga melakukan aktifitas menggali. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat juga dilakukan tanpa bantuan alat berat namun membutuhkan waktu yang relative lebih lama dan lebih sulit oleh karena itu alat berat sangat berperaan penting bagi industri. Wheel loader merupakan sebuah alat berat yang berodakan karet yang memiliki bucket dengan fungsi melakukan  pemindahan material kedalam dump truck atau ke tempat lain dengan cara loading dan carrying. Metode penilitian yang digunakan Library Research (pengambilan data melalui literature), misalkan jurnal, operation manual maintenance, laporan mekanik dan lain-lain.Obsevasi  (pengamatan lapangan), pengamatan ini dilakukan di PT WIRATCO MITRA MULIA pada tanggal 8 februari 2022 – 26 mei 2022. Adapun 2 cara pengambilan data pada penelitian . Penyebab dapat menimbulkan kerusakan pada hirolik adalah , Manusia ,Material ,Mesin ,Metode yang digunakan. pemicu utama kehancuran hydraulic lift cylinder merupakan kehancuran pada seal hydraulick lift cylinder yang menyebabkan air serta kotoran masuk kedalam system hydraulic dan menutup serta mengganggu komponen- komponen pada hydraulick lift cylinder tersebut. Hingga langkah perbaikan yang dicoba merupakan dengan melaksanakan penggantian komponen- komponen yang mengalami kehancuran tersebut.

 

Kkata kunci : Wirataco mitra mulia, Wheel Loader, hidraulick lift cylinder


Full Text:

PDF

References


Hidayahtuliah, Adhi Rochmad.2020.”Peerbaikan Hydraulic Pump Wheel Loader Komatsu 350-3”. Jurnal Teknik Mesin. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susanto,Totok. 2017.”Analisa Kerusakan Sistem Hidrolik Pada Cylinder Hydraulic Dan Travel Motor Pada Rubber Crawler Carrier Morooka MST-600VD”.Jurnal Teknik Mesin. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayat, Saefudin,Achmad dkk.2016.”Kajian penggunaan alat-alat berat pada proyek pembanguna jalan raya ditinjau dari aspek teknis dan ekonomi”. Jurnal Teknik Industri.Bogor : Universitas Pakuan Bogor.

Zainuri,Wahid. 2018.”Analisa buckling pada rod bucket di system hidrolik spier excavator kaiser S2 4X4 CROSS”.Jurnal Teknik Mesin.Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surtakarta.

Arrdil, Syahril dan Setiawan,Rudi. 2010.”Analisa kebocoran silinder hidrolik mesin gravity casting di industry manufaktur”.Politeknik manufaktur astra.VOL 2,ISSN (2085-3858). Batam : Politeknik Batam.

Kurnia Majid, Erich. 2021.”Analisa kerusakan dan perbaikan excavator caterpillar 320D2”. Jurnal Teknik Mesin. Surakarta : Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Wahyu Nugroho, Septian. 2018.”Analisa kerusakan dan perbaikan hydraulic lift cylinder pada wheel loader caterpillar XGMA XG955H”. Jurnal Teknik Mesin. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anhar, Wahyu dan Faisal, Muhammad. 2021.”investigasi lift cylinder rod drift pada wheel loader Wa 600-3a”.Jurnal Teknologi Terpadu.VOL 9, NO 1(satu), ISSN (2338-6649). Balikpapan : Politeknik Negri Balikpapan.

Pandu Eko Puspa, Naufal. 2020.”Perbaikan Cylinder ARM pada unit Excavator PC200-8”. Jurnal Teknik Mesin.Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Riefhano Setya Putra, Kevin dan Handoko. 2021 “Analisa Patahan Pada Steel Bucket Pin Produk Lokal” Jurnal Material Teknologi Proses. VOL 2, NO 1 (ISSN: 2477-2135). Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v8i2.6204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.