ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA TENTANG MEKANISME PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA

Ridha Amalila Choir, Sudarti Sudarti, Yushardi Yushardi

Abstract


Mahasiswa pendidikan fisika sebagian belum mengetahui tentang mekanisme pembangkit listrik tenaga surya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jember dalam memahami mekanisme pembangkit listrik tenaga surya. Variabel penelitian yang digunakan yaitu pemahaman dan pengetahuan mahasiswa tentang mekanisme pembangkit listrik tenaga surya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang berfungsi untuk mengetahui seberapa persen / tingkatan kepahaman mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jember mengenai mekanisme pembangkit listrik tenaga surya. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan angket berupa g.form sebanyak 10 soal dengan responden 50 mahasiswa. Subjek yang diteliti yaitu mahasiswa semester I Pendidikan fisika Universitas Jember. Hasil jawaban mahasiswa akan dianalisis dan direpresentasikan melalui diagram lingkaran dan table, dimana diagram lingkaran menggambarkan data nilai mahasiswa dan di tabel menunjukkan pemahaman dan miskonsepsi kepahaman mahasiswa mengenai mekanisme pembangkit listrik tenaga surya. Bedasarkan analisis pemahaman mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jember tentang mekanisme pembangkit listrik tenaga surya, hasil jawaban dari kuisioner yang telah diberikan ke mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jember bahwa mahasiswa memiliki pemahaman yang cukup rendah. Nilai mahasiswa yang ditunjukkan di diagram lingkaran, dari 50 mahasiswa rata-rata mendapatkan nilai sekitar 50 dengan 30% dari 50 mahasiswa sedangkan di tabel menunjukkan miskonsepsi mahasiswa dengan rata-rata sekitar 40-60%. Sebagai calon guru mahasiswa perlu meningkatkan pemahamannya tentang mekanisme pembangkit listrik tenaga surya, komponen yang ada di pembangkit listrik tenaga surya serta fungsinya lebih mendalam.


Full Text:

PDF

References


Arif, N. dan Kastono. 2020. Potensi Energi Surya sebagai Energi Listrik Alternatif berbasis RETScreen di Kota Palopo, Indonesia. DEWANTARA. 20(20): 1-2.

Arief, T., Nasir, S., Nukman, Ningsih, Y. B., Oktinasari, E., Bayuningsih, Y. 2021. Pengembangan dan Modifikasi Kompor Surya Sederhana Berbasis Energi Matahari (Solar Energy) Tipe Bulat san Parabola untuk Kebutuhan Memasak (Solar Cooker) pada Rumah Tangga dan Sekolah. Jurnal Pengabdian Community. 3(1): 21.

Lubis, Z., Aryza, S. 2022. Peningkatan Penangkapan Cahaya Pembangkit Listrik Tenaga Surya Menggunakan Empat Titik Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Elektro dan Telkomunikasi: 54.

Lubna, Sudarti, Yushardi. 2021. Potensi Energi Surya Fotovoltaik sebagai Sumber Energi Alternatif. PELITA: 76-77.

Teguh, P. P., Suwarno, Zambak, M. F. 2022. Optimalisasi Kecepatan Putaran Motor Listrik Sebagai Beban Pada PLTS 5 kWp (Aplikasi: Laboratorium Balai Besar Pengembangan Dan Penjamin Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan Dan Listrik Medan). Jurnal Teknik Elektro. 5(1): 9-11.

Putra, K. A. F., Giriantari, I. A. D., Sukerayasa, I. W. 2022. Analisis Penghematan Biaya Listrik di Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali Pasca Terpasang PLTS Atap 40 KWP. Jurnal SPEKTRUM. 9(2): 140-141.

Tarigan, E. 2022. Simulasi Sistem PLTS Atap dan Harga Satuan Energi Listrik untuk Skala Rumah Tangga di Surabaya. Jurnal Rekayasa Elektrika. 18(2): 93.

Syahwil, M., Kadir, N. 2021. Rancang Bangun Modul Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sistem Off-grid Sebagai Alat Penunjang Praktikum Di Laboratorium. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan. 3 (1): 27.

Aulia, I. M., Hikmawati., Susilawati. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 8: 52-53.

Wibowo, T. B. S. 2021. Pengaruh Daya Juang dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika (Survei pada SMAN di Kota Bekasi). Jurnal Pendidikan MIPA. 4(1): 2-3.

Musfirah, Burhan, I., Afifah, N., Seri, S. N. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Dewi, R. P., Hazrina, F. Widianingsih, B. 2022. Perbandingan Energi Luaran PLTS Atap Terhadap Konsumsi Energi Skala Rumah Tangga Dengan Daya Listrik 1300 VA. Jurnal Power Elektronik. 11(2): 252.

Syahwil, M., Kadir, N. 2021. Rancang Bangun Modul Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sistem Off-grid Sebagai Alat Penunjang Praktikum Di Laboratorium. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan. 3 (1): 27.

Suyanto, M., Priyambodo, S., Prasetyono, E. P., Aji, A. P. 2022. Optimalisasi Pengisian Accu Pada Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Dengan Solar Charge Controller (MPPT). Jurnal Teknologi. 15(1): 22-23

Budiantari, N. W., Ariastina, W. G., Sukereyasa, I. W. 2022. Analisis Hosting Capacitypada Jaringan Tegangan Menengah untuk Suplai Daya Listrik Daerah Pedesaan. Jurnal SPEKTRUM. 9(2): 41.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v9i2.6698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.