ANALISIS KINERJA MOTOR BAKAR PENGGERAK GENERATOR SET DENGAN CAMPURAN BAHAN BAKAR PERTAMAX DAN ETANOL

Anggit Wibisono, Sri Utami Handayani, Seno Darmanto

Abstract


Energi merupakan salah satu kebutuhan utama penunjang kehidupan manusia modern. Salah satu bentuk energi yang digunakan oleh manusia adalah energi listrik. Energi listrik dihasilkan oleh peralatan pembangkit listrik yaitu generator. Penggerak mula generator skala kecil menggunakan motor pembakaran dalam (motor bakar) dengan bahan bakar minyak. Tingginya emisi pada pembakaran di generator set dikarenakan rendahnya efisiensi motor bakar yang salah satunya berasal dari rendahnya kualitas dari bahan bakar yang digunakan. Salah satu cara untuk menanggulanginya dengan meningkatkan efisiensi motor bakar yaitu menambahkan etanol pada campuran bahan bakar pertamax. Pembuatan tugas akhir ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kinerja motor bakar sebagai penggerak generator set dengan bahan bakar campuran pertamax dan etanol. Kinerja motor bakar yang dimaksud menghitung daya mesin, konsumsi bahan bakar spesifik, efisiensi thermal, dan emisi gas buang dari pengujian alat generator set skala laboratorium. Variabel pengujian adalah campuran bahan bakar pertamax dengan etanol 5%, 10%, 15%, dan beban generator (Watt). Alat uji yang digunakan dalam proyek akhir adalah genenerator set yang dikopel dengan mesin 4 tak 1 silinder General ET-3200L. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kinerja mesin dengan bahan bakar campuran pertamax dengan etanol 10% lebih tinggi dibandingkan bahan bakar pertamax murni, campuran etanol 5% dan campuran etanol 15%.

Kata kunci : generator set, bahan bakar, pertamax, etanol, kinerja motor bakar


Full Text:

 Subscribers Only

References


Al Batistuta, R. A., Dharmawan, A. H., & Yulian, B. E., 2021, Analisis Keberlanjutan Biogas Skala Mikro di Pedesaaan (Studi Kasus di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat), Jurnal Ilmu Lingkungan, Vol.19 No. 1.

Sekertariat Jendral Dewan Energi Nasional (DEN), 2020, Neraca Energi Nasional Tahun 2020, Jakarta. https://den.go.id/index.php/publikasi/documentread?doc=neraca-energi-nasional-2020.pdf. diakses tanggal 15 November 2022.

Rahsia, S. A., Fitrianingsih, Y., & Wijayanto, D., 2014, Analisis Dispersi Gas CO Dan SO2 Dari Sumber Tetap (Point Source) Menggunakan Model METI-LIS, Jurnal Teknologi Lahan Basah, Vol. 3 No. 1.

Harianto, 2014, Pengaruh Peregangan Katup Terhadap Unjuk Kerja Generator Set Tipe ET 2500 L, Skripsi, Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNAS) Yogyakarta, Yogyakarta

Heywood, J.B., 1988, Internal Combustion Engine, Mc.Graw Hill, London.

Butar, M.B. dan Hazwi, M., 2014, Pengaruh Variasi Penambahan Alkohol 96% Pada Bensin Terhadap Unjuk Kerja Motor Otto, Jurnal e-Dinamis, Vol. 10 No. 2.

Panjaitan, Immanuel Jody Parsaulian, 2021, Studi Eksperimental Mesin Otto dengan Bahan Bakar Campuran Pertamax dan Bioetanol 96% dari Singkong, Skripsi, Universitas Sumatera Utara, Medan

Fiter, & Saragih, S. A., 2020, Analisa Pengaruh Campuran Bahan Bakar Pertalite Dengan Naftalena Terhadap Unjuk Kerja Dan Emisi Gas Buang Pada Mesin Sepeda Motor, Journal REM (Renewable Energy and Mechanics), Vol. 3 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v9i1.7467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.