Kajian Literatur Sudu Turbin Angin Untuk Skala Kecepatan Angin Rendah

Maidi Saputra

Abstract


Penggunaan turbin angin pada suatu daerah yang memiliki skala kecepatan angin rendah diperlukan untuk efisiensi penggunaan turbin angin dan penggunaan pada skala rumah tangga. Maka perlu dilakukan analisis studi literatur (kepustakaan) mengenai jenis sudu turbin yang sesuai untuk aplikasi turbin angin pada keadaan kecepatan angin rendah. Dimensi rotor turbin berpengaruh terhadap kemampuan turbin untuk menangkap angin yang melewati turbin. Pemilihan jumlah sudu pada turbin berdasarkan pada rancangan kecepatan turbin dan beberapa airfoil yang cocok untuk diterapkan pada turbin angin sumbu horizontal dengan skala kecil hingga besar. Jenis bahan yang sesuai dengan kajian adalah pipa PVC sebagai bahan dasar pembuatan sudu (baling-baling) turbin angin karena mudah dilakukan dan sesuai dengan salah satu Standar Amerika tentang Sudu Turbin (NACA) yaitu NACA 2410.

Kata Kunci : Turbin angin, Sudu turbin, Rotor, Kecepatan angin rendah, NACA 2410.


Full Text:

PDF

References


. A.W. Culp, (1991). Principles of Energy Conversion, 2nd Edition (McGraw Hill International Edition, NewYork).

. David, A. Spera, (1994). Wind Turbine Technology, fundamental concepts of wind turbine engineering. ASME Press.

. Gilman, P., Lambert, T. (2005). Homer the micropower optimization model software started guide. National Renewable Energy Laboratory of United States Government.

. Soeripno MS, Malik Ibrochim, (2009). Analisa Potensi Energi Angin dan Estimasi Energi Output Turbin Angin Di Lebak Banten. Jurnal Teknologi dirgantara Vol. 7 No. 1 Juni 2009 51-59.

. Y. Daryanto, (2007). Kajian Potensi Angin Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Bayu. Balai PPTAGG- UPT-LAGG Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v2i2.839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.