Desain Dasar Dan Pembuatan Mobil Listrik

Herdi Susanto, Tarmizi Tarmizi

Abstract


Sarana transportasi merupakan sektor terbesar pengguna bahan bakar minyak bumi. Disisi lain para siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) terutama dibidang elektronik dan teknik mesin, yang merupakan cikal bakal pemimpin dimasa depan, dari sejak dini mereka semestinya telah memiliki pemahaman dasar tentang teknologi pemanfaatan energi dan kesadaran akan pembangunan yang berkelanjutan berbasis energi ramah lingkunan. Oleh sebab itu, skim Pengabdian Masyarakat ini direncanakan untuk melaksanakan suatu sistim training terpadu desain mobil tenaga listrik untuk siswa SMK dan Mahasiswa. Dengan bimbingan mentor (nara sumber) para siswa SMK dibimbing membuat model mobil listrik di laboratorium Teknik Mesin Universitas Teuku Umar. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 19 s.d 20 Desember 2014 dengan materi yang diberikan, perkembangan mobil listrik di Indonesia, konsep dasar teknis dan ergonomic mobil listrik, teknik desain mobil listrik, kontroling dan manufakturing mobil listrik.Berdasarkan atas monitoring hasil pelatihan dasar desain dan pembuatan mobil listrik yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa : Antusias mahasiswa dan siswa SMK sangat besar terhadap pelatihan ini, ini terlihat dari keseriusan mereka selama mengikuti pelatihan. Secara umum mahasiswa dan siswa SMK telah mampu memahami konsep dasar cara desain dan pembuatan mobil listrik.

Kata Kunci :pelatihan, mobil listrik, siswa SMK


Full Text:

PDF

References


. S. C. Oh and A. Emadi, Test and simulation of axial flux-motor characteristics for hybrid electrical vehicles, IEEE transactions on vehicular technology, Vol. 53, No. 3, 2004.

. Jacek F. Gieras, Rong-jie Wang, Marteen J. Kamper,; Axial Flux Permanent Magnet Brushless Machines, Kluwer Academic Publisher, Nederland, 2004

. Miller TJE, Hendershot Jr.; Design of Brushless Permanent Magnet Motors, Magna




DOI: https://doi.org/10.35308/jmkn.v2i2.841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.