Dampak Model Rumpon Terhadap Produktivitas Penangkapan Nelayan Di Kecamatan Mesjid Raya

Faliqul Isbah, Indra Indra, Muhammadar Muhammdar, Akbardiansyah Akbardiansyah, Afdhal Fuadi, Hamidi Hamidi, Sri Ayu Insani

Abstract


Indonesia merupakan negara yang sebahagian besar wilayahnya terdiri dari lautan yang tersebar luas dari Sabang sampai Marauke, dalam hal ini seharusnya dapat mensejahterakan masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai nelayan dikarenakan kekayaan akan potensi yang terdapat di dalamnya. Penelitian ini bertujuan agar mendapatkan informasi berapa besar nilai pendapatan yang diperoleh nelayan apabila menggunakan rumpon. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuisioner dengan pendekatan kualitatif dan dianalisis menggunakan metode Paired Sample T Test. Rata-rata pendapatan yang diterima oleh nelayan tanpa adanya rumpon adalah sebesar Rp. 388.000, sementara pendapatan rata-rata yang diterima oleh para nelayan dengan adanya rumpon adalah sebesar Rp. 592.000 per sekali aktivitas penangkapan ikan. Keberadaan rumpon yang diletakkan di dasar perairan, dapat meningkatnya pendapatan nelayan. Harapannya masyarakat setempat dapat mengelolanya dengan baik dan benar agar kesejahteraan para nelayan dapat meningkat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan yaitu pendapatan nelayan tanpa dan dengan rumpon adalah sangat memiliki perbedaan yang signifikan dan diharapkan dengan adanya peningkatan pendapatan masyarakat nelayan tidak lagi hidup dalam kemiskinan


Full Text:

PDF

References


Asih, D. A. (2008). Analisis kebijakan kredit terhadap pengembangan usaha perikanan nelayan tradisional di Kabupaten Tojo Una-Una. J. Agroland 15 (1), 36–44.

Badan Pusat Statistik. (2015) Kecamatan Mesjid Raya Dalam Angka 2015. Aceh : BPS

Boa, H. (2013). Studi pendapatan pejala rumpon di Manggar Baru Balikpapan. Jurnal Ilmu Perikanan Tropis, 18(2), 75-83.

Daryanto, A. (2007). Dari Klaster Menuju Peningkatan Daya Saing Industri Perikanan. Buletin Craby & Starky, Edisi Januari 2007.

Jayanto, B.B., Asriyanto, A., Rosyid., & Boesono, H. (2014).Pengaruh atraktor rumpon terhadap hasil tangkapan alat tangkap bagan (lift net) di Perairan Demak.Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PENA), 26(2), 119-133.

Kasmir, J. (2003) Studi Kelayakan Bisnis (Edisi Revisi). Jakarta: PT Kharisma Putra Utama. Pranada Media Group.

Sarwo. A. (2009). Merajut Pukat. [Online] tersedia di (https://www.acehforum.or.id), diakses pada tanggal 3 Juni 2017.

Sujarno, (2008). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan di Kabupaten Langkat. (Tesis). Medan. Universitas Sumatara Utara.

Simbolon, D. (2013). Efektivitas pemanfaatan rumpon dalam operasi penangkapan ikan di perairan Maluku Tenggara. Departemen Pemanfaatan Perikanan; FPIK IPB 2(2).




DOI: https://doi.org/10.35308/jupiter.v3i1.5510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.