PENGUJIAN KEMULURAN PUTUS SERAT ALAMI DAUN PANDAN, DAUN NENAS, POHON PISANG, RUMPUT BUNDUNG, RUMPUT TEKI, LINGGI DAN SIANIK

Muhammad Agam Thahir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kemuluran serat alami. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan langsung melakukan pengujian sampel tali dengan alat streng tester. Nilai kemuluran tertinggi ada pada serat daun nenas  64,1% dan yang terendah dari serat pohon pisang sebesar 6,5%. Nilai kemuluran yang paling rendah sangat efektif digunakan sebagai alat penangkapan ikan, karena kemuluran yang tinggi akan mengakibatkan perubahan konstruksi jaring, dalam hal ini ukuran mata jaring akan berubah sehingga ikan yang tertangkap dapat lolos dari jaring dengan mudah.

 

Kata kunci : Kemuluran, streng tester, serat alami


References


Ardidja, S. 2010. Bahan Alat Penangkapan Ikan. Jakarta: STP PRESS Edisi 1 (satu). 189 hal

Augy, S., 1985. Hubungan Konsentrasi Lautan Kulit Pohon Samama (Antocephalus Masrohyla Hauvil) Lama Perendam Terhadap Breaking Strength Dan Elongation Benang Catton Dan Nylon. Bahan Alat Penangkapan Ikan Institute Pertanian Bogor.Bogor.30 Hal.

Binhaitimes-Natural Fibres. 2005a. Ilama. Tersedia [terhubung tidak berkala]. http://www.binhaitimes.com/Ilama.html.

Binhaitimes-Natural Fibres. 2005b. Silk. Tersedia [terhubung tidak berkala]. http://www.binhaitimes.com/Silk.html.

Binhaitimes-Natural Fibres. 2005c. Wool. Tersedia [terhubung tidak berkala]. http://www.binhaitimes.com/Wool.html.

Klust, G. 1987. Bahan jaring untuk penangkapan ikan. Diterjemahkan oleh Tim BPPI Semarang. Edisi ke II. Bagian Proyek Pengembangan Teknik Penangkapan Ikan. Semarang: Balai Pengembangan Penangkapan Ikan.

Klust, G. 1983. Fibre Rope for Fishing-FAO Fishing Manual. Surrey: Adlard & Son Ltd.

Murdiyanto, B. 1975. Suatu Pengenalan Tentang Fishing Gear Material. Bagian Penangkapan Ikan. Fakultas Perikanan Institut Pertanian Bogor. 117 hal (tidak diterbitkan).

Wikipedia. 2007. Natural Fibre. [terhubung berkala]. http://en. wikipedia.org/wiki/Natural_Fibre.




DOI: https://doi.org/10.35308/jupiter.v1i1.600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.