Studi Penangkapan Gurita (Octopus sp.) Menggunakan Bubu Pipa PVC di Kecamatan Salang, Kabupaten Simeulue

Mohd Yongki, Hafinuddin Hasaruddin, Muhammad Arif

Abstract


Komoditas unggulan Kabupaten Simeulue salah satunya yaitu Gurita (Octopus sp.) dimana sebagian besar nelayan menjadikan komoditas gurita sebagai tangkapan utama. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil tangkapan gurita menggunakan bubu PVC di Kecamatan Salang, Kabupaten Simeulue. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2022 dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan data experimental fishing dan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tangkapan di Desa Nasreuhe 7,4 Kg (16 gurita), Desa Jaya Baru 3,6 Kg (7 gurita) dan Desa Karya Bakti 1,7 Kg (4 gurita) dengan rata-rata bobot hasil tangkapan adalah 0,47 kg dengan bobot terkecil 0,3 kg dan bobot terbesar adalah 0,9 kg. Sehingga dapat disimpulan bahwa alat tangkap bubu PVC efektif digunakan pada penangkapan gurita dikarenakan bentuk bubu PVC yang berukuran 4 inci dengan bentuk kerucut mempermudah dalam penangkapan gurita


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2017). Profil Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Kabupaten Simeulue. Simeulue. Badan Pusat Statistik.

Faskanu, I. (2019). Morfometri gurita (Octopus sp.) di perairan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue sebagai referensi praktikum zoologi invertebrate [Skripsi]. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

FAO. (2021). Sector sustainability update octopus: FAO Fisheries and Aquaculture Division. Rome. 2021.

Granico J, Brown A, Yani AH. (2016). Perbedaan hasil Tangkapan Gurita (Octopus vulgaris) Menggunakan Cangkang Kerang dan Bahan Semen di Desa Kuala Tanjung Indah Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara Provinsi Sumatera Utara [Tesis]. Riau: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Negri Riau.

Natsir. (2003). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Hafid, Y. (2022). Kondisi Stok Dan Keberlanjutan Alat Tangkap Gurita Batu (Octopus Cyanea) Di Perairan Pulau-Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan [Skripsi]. Makassar: Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin.

Puspito, G. 2009. Perangkap Non Ikan. Bogor: Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, FPIK-IPB.

Kurniawan K, Manoppo L, Silooy F, Luasunaung A, Sompie MS. (2019). Studi Pengaruh Perbedaan Warna Umpan Buatan Pancing Gurita tterhadap Hasil Tangkapan. Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap 4(2): 69-74.

Delian, R. 2023. Keanekaragaman Jenis dan Status Konservasi Famili Octopodidae Gurita di Pasar Ikan Muara Angke Jakarta [Thesis]. Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah.

Marselina. 2022. Perbandingan Hasil Tangkapan Minnow Trap pada saat Pasang dan pada saat Surut di Perairan Estuaria Pulau Selayar Kabupaten Kepulauan Selayar [Skripsi]. Makassar: Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin




DOI: https://doi.org/10.35308/jpterpadu.v4i2.7689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.