Pola Pemasaran Ikan Air Tawar Di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat

Aldi Fariski, Zuriat Zuriat, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Ikan air tawar merupakan salah satu produk perikanan budidaya yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Kabupaten Aceh Barat merupakan salah satu daerah yang memiliki pemasaran ikan air tawar disamping produk ikan air laut. Pemasaran ikan air tawar di Kabupaten Aceh Barat terpusat pada pasar Ujong Baroh. Aktifitas pemasaran tidak lepas dari keterlibatan lembaga pemasaran didalamnya terdiri dari pedagang pengecer agar produk hasil perikanan dapat sampai pada konsumen akhir secara optimal. Sistem pemasaran ikan air tawar Pasar Ikan Ujong Baroh dipasarkan dari para pembudidaya jumlah pembudidaya ikan yg di pasar di pasar ujung baroh adalah 40 memiliki jumlah kolam 835, Dengan jumlah produksi tahun 2022 ikan lele 57.280 kg dan ikan nila 52.590 kg. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penawaran dan permintaan ikan air tawar serta mengetahui jalur pemasaran ikan air tawar di PPI Ujong Baroh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey pedagang ikan air tawar. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah pedagang tetap ikan air tawar berjumlah 9 orang. Jenis ikan air tawar yang dominan yaitu ikan nila dan ikan lele dangan harga ikan nila Rp. 35.000/kg dan harga ikan lele Rp. 27.000/kg. Pola pemasaran yang terjadi dimulai dari nelayan kemudian pedagang pengumpul dari masing-masing daerah, selanjutnya dibawa ke PPI Ujong Baroh dititipkan kepada pedagang agen yang memiliki lapak jualan. Selanjutnya pedagang agen menjual ikan air tawar ke Pedagang Pengecer yang datang langsung ke Pasar Ujong Baroh untuk kemudian dijual diberbagai pasar pasar di Aceh Barat dan sekitarnya maupun langsung kepada konsumen akhir.


Full Text:

PDF

References


Bachtiar, F R. 2022. Global Value Chain Produk Perikanan Darat Indonesia Ke Eropa (Studi Kasus: Ikan Lele Di Sulawesi Selatan). Jurnal Al-ḤaḍᾹrah Al-IslᾹmiyah. 51-67

Dinas Kelautan dan Perikanan.2020. Buku Panduan.Aceh Barat

Gunawan. 2013. Analisis strategi pengembangan kelompok usaha bersama (Kub) Perikanan Tangkap Kecamatan Johan pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Skripsi Universitas Teuku Umar.

Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia 2018. Produktivitas Perikanan Indonesia (internet) (diacu 2018 Mei 17). Tersedia dari: https://kkp.go.id/wpcontent/upload

Lilimantik, E. (2019). Pemasaran Hasil Perikanan. Malang: Global Science.

Lilimantik, E., & Mailita, 2021. Pemasaran Ikan Hasil Budidaya Air Tawar Di Kalimantan Selatan. Malang: Global Science.

Morrisan. (2017). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Penerbit Kencana.

Monica, U., Ogbanje, C.E., & Ayopo, O. O. (2018). Analysis of the Marketing Margin of Soyabeans in Benue State, Nigeria. International Journal of Environment, Agriculture and Biotechnology. 3(3): 944-950.

Nurilmala, M., Safithri, M., Pradita, F.T., & Pertiwi, R.M. (2020). Profil protein ikan gabus (Channa striata), toman (Channa micropeltes), dan betutu (Oxyeleotris marmorata). Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia. 23(3): 548-557.

Oktariza, W & Aggaraini, S. 2017 Kebijakan pengetasan kemiskinan di kawasan perdesaan melalui usaha budidaya perikanan di Kabupaten Malang. Jurnal Sais Terapan 7 (7)

Parmar, G., Leua, A., & Vanza, J. (2018). Study on Fish Marketing Channel and Consumption Pattern for Fish Navsari. Multilogic in Science. 3(25): 74-76.

Phillips, M., Henriksson, P.J.G.., Tran, N.V., Chan, C.Y., Mohan, C.V., Rodriguez, U-P., Suri, S., Hall, S., & Koeshendrajana, S. (2016). Menjelajahi masa depan perikanan budidaya Indonesia, Penang, Malaysia: WorldFish

Riesti, T & Nenyana, S.2012. Kajian pemasaran ikan lele (Clarias Sp) Dalam mendukung industi perikanan budidaya studi kusus di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Artikel Jurnal sosek.Vol 7. No 2.

Zainal, A.2017. Pemasaran Hasil Perikanan. Universitas Brawijaya Press. Malang

Saputri, SAD & Rachmawatie, D.2020. Budidaya Ikan Dalam Ember: Strategi Keluarga Dalam Rangka Memperkuat Ketahanan Pangan Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pertanian Tirtayasa, 2(1). 102-109

Shafitri N. S. 2012. Sistem Sisetem Pemasaran Ikan. Kebijakan Sosek. 7:2.

Suhender. U. 2010. Kajian Strategi Pemasaran ikan asap (Smoked Fish) di UKM Petikan Citra Halus Citayam-Bogor. (Tesis). Bogor (ID) : IPB

Yuliana S, Zuriat 2022. Kajian Potensi dan Peluang Usaha Budidaya Perikanan Berbasis Pemasaran DI Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Perikanan Terpadu. Universitas Teuku Umar




DOI: https://doi.org/10.35308/jpterpadu.v4i2.8544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.