Analisis Kajian Putar Balik Arah (U-Turn) Pada Bukaan Median Terhadap Kemacetan Ruas Jalan (Studi Kasus : Ruas Jalan Simpang Empat Jeuram Sta 0+115 Arah Meulaboh – Tapak Tuan)

Bambang Tripoli, Rachmat Sofyan, Meidia Refiyanni, Rahmat Djamaluddin, Wahyu Suryadi S

Abstract


ABSTRAK

Ruas jalan Meulaboh – Tapak Tuan pada Sta 0+115 (diambil dari titik Sta 0+000  Simpang Empat Jeuram) merupakan tipe jalan dua arah dan terbagi (menggunakan median dan median terbuka). Sehingga, untuk mengakomodir pergerakan lalu lintas dari wilayah Timur dan Barat Kota Jeuram, ruas jalan tersebut memiliki beberapa titik bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau di istilahkan sebagai gerakan u-turn. Dengan persoalan tersebut di atas, maka permasalahan yang diangkat dan juga yang menjadi tujuan dari penelitian analisis kajian putar balik arah (u-turn) pada bukaan median terhadap kemacetan ruas jalan adalah seberapa besar volume arus lalu lintas, kapasitas jalan, waktu tempuh dan tingkat pelayanan jalan (level of service) yang terjadi. Batasan penelitian dibatasi hanya pada ruas jalan Meulaboh – Tapak Tuan di Sta 0+115 yang berada di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya sepanjang ± 460 meter tepatnya pada Simpang Peukan Jeuram depan SMP Negeri 2 Kuala. Pengamatan dilakukan selama 3 hari terdiri dari 2 pos pengamatan, setiap pos ditempatkan 3 orang operator/personil pengambilan data. Metode yang digunakan MKJI 1997 [1]. Berdasarkan hasil perhitungan, volume lalu lintas tertinggi terjadi pada hari Minggu 4.165 smp/jam sebelum terjalinnya kendaraan, setelah terjalin maupun tidak terjalin 4.139 smp/jam dengan rasio jalinan 0.67 smp/jam. Kapasitas jalan 4.485 smp/jam dari arah Meulaboh-Tapak Tuan dan dari arah Tapak Tuan-Meulaboh 4.650 smp/jam dengan waktu tempuh rata-rata antara 18 detik sampai 23 detik dengan kecepatan tempuh antara 19 km/jam sampai dengan 20 km/jam. Skala interval tingkat pelayanan jalan, dikategorikan posisi E yakni kondisi volume arus lalu lintas mendekati atau berada pada kapasitas, arus tidak stabil, kecepatan terkadang terhenti.


Full Text:

PDF

References


___________, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Dinas Pekerjaan Umum,

Jakarta.

___________, 1993, Highway Capacity Manual (HCM), Transportation Research BoardSpecial Report Nomor 209, Transportation Research Board, National Research Council,Washington D.C., USA.

Agah, H.D., 2007, Perhitungan Tundaan Pada Fasilitas Putaran Balik (U-Turn) diJakarta, Jakarta.

Hoobs, F.D., 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Yogyakarta Universitas Press,

Yogyakarta.

Morlok, E.K.,1995, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Erlangga Jakarta.

Tamin, O.Z., 2003, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi kedua, PenerbitITB, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.35308/jts-utu.v6i2.2747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.