Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dan Kearifan Lokal dalam Peningkatan Etika dan Budaya dalam Berpolitik

Asmaul Husna, Eza Aulia, Yuhdi Fahrimal, Cut Asmaul Husna, Reni Juliani

Abstract


Pancasila sebagai sumber etika politik, oleh sebab itu masyarakat perlu mengetahui bagaimana implementasinya di dalam kehidupan mereka, terutama bagi masyarakat yang ingin terjun di dunia politik. Oleh sebab itu kegiatan pengabdian ini diselenggarakan guna membawa perubahan positif bagi para pesertanya yang merupakan masyarakat Simeulue, sekurang-kurangnya pemahaman mereka mengenai politik semakin meningkat. Pelaksanaannya kegiatan pengabdian ini terbagi dalam 2 sesi dengan metode ceramah dan dialog interaktif. Di mana setiap sesinya peserta akan diberikan pretest dan post test yang sebarkan melalui google form. Hasil dari kegiatan pengabdian yang dilakukan membawa perubahan positif bagi para pesertanya, sekurang-kurangnya pemahaman mereka mengenai politik semakin meningkat dengan mengimplementasikan nila-nilai Pancasila di dalamnya. Dengan kata lain, yang tidak tahu menjadi tahu, yang sudah tahu menjadi lebih paham, dan yang lebih jauh adalah mereka akan menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-harinya.


Keywords


Implementasi; Pancasila; Etika; Budaya; Politik.

Full Text:

PDF

References


Hanafi. 2018. Hakekat Nilai Persatuan dalam Konteks Indonesia (sebuah Tinjauan Kontekstual Positif Sila Ketiga Pancasila). JIPPK, Vol. III (1): 56-63.

H.A.W Widjaja. 2000. Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dan HAM di Indonesia, Jakarta, PT. Rineka Cipta: 3-4

Hendra Nurtjahyo. 2006. Filsafat Demokrasi, Jakarta, Bumi Aksara: 27-28

Lestari, Puji., Sunarto, dan Chayono, Hadi. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Sila Kelima dalam Pembelajaran. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, Vol. VII (2): 130- 144.

Mustafa Bachsan. 2003. Sistem Hukum Indonesia Terpadu, Bandung, PT. Citra Aditya; 114

Paulus Wahana. 1993. Filsafat Pancasila, Yogyakarta, Kanisius: 77-78

Rianto, Hadi. 2016. Implementasi Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab di Lingkungan Sekolah. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, Vol. III (1): 80-91.

Sudirman, Jedra dan Sarjito, Aris. 2021. Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Sila Pertama terhadap Kehidupan Beragama. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, Vol. VI (2): 284-291.

Syamsudin, dkk, 2009. Pendidikan Pancasila (Menempatkan Pancasila Dalam Konteks Keislaman dan Keindonesiaan), Yogyakarta, Total Media: 135

Yusdiyanto. 2016. Makna Filosofis Nilai-Nilai Sila Ke-Empat Pancasila dalam Sistem Demokrasi di Indonesia. FIAT JUSTISIA, Vol. X (2): 259-272).




DOI: https://doi.org/10.35308/lok%20seva.v1i1.6553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lok Seva: Jurnal of Contemporary Community Service

Indexed by:

Editorial Office:

Jl. Alue Peunyareng, Meureubo, Aceh Barat, Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar (UTU), Gedung Kuliah Terintegrasi (GKT) UTU, Lantai II.

 

 

Creative Commons License

Jurnal Lok Seva is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License