PENGENALAN EDUCATIONS FISHERIES PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Sunarni Sunarni, Nova Monika

Abstract


Pembelajaran project based learning Merupakan proses pembelajaran  yang secara langsung melibatkan siswa untuk menghasilkan sesuatu. Abidin (2007) menjelaskan model pembelajaran ini memiliki karakteristik diantaranya; melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran, menghubungkan pembelajaran dengan dunia nyata dan Diakhiri dengan menghasilkan  sebuah produk olahan ikan. Banyak masyarakat Merauke terutama anak-anak usia sekolah Lebih memilih produk makanan yang berasal dari  daging ayam, daging sapi ataupun daging rusa dari pada ikan. Maka  sangat perlu dilakukan  pemberdayaan  kepada anak-anak agar gemar makan ikan melalui kegiatan pengenalan educations Fisheries pada siswa sekolah dasar. Metode pelaksanaannya meliputi; kegiatan pengenalan tentang jenis-jenis ikan (Education Fisheries), manfaat makan ikan dan kegiatan cooking class. Hasil kegiatan pengabdian siswa dapat membedakan jenis-jenis ikan yang hidup di daerah estuari dengan jenis-jenis ikan yang hidup di air tawar maupun yang hidup di air laut, siswa dapat mengetahui manfaat makan ikan, serta siswa dapat mengetahui beberapa produk olahan dari ikan menjadi makanan yang menarik dan lebih digemari olah anak-anak.

Full Text:

PDF

References


Marsetyo dan Kartasapoetra, 2003. Ilmu gizi, korelasi gizi, kesehatan dan produktivitas kerja, penerbit rineka cipta .jakarta.

Nur Sokib, nurheni S.Palupi dan Budi Suharjo. 2012. Strategi peningkatan konsumsi ikan di kota depok, jawa barat. Manajemen IKM, September 2012.

Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke.2015.www.merauke.go.id




DOI: https://doi.org/10.35308/jmk.v3i1.2283

DOI (PDF): https://doi.org/10.35308/jmk.v3i1.2283.g1568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Marine Kreatif (P-ISSN:2581-2238; E-ISSN: 2745-6900)
Published by Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar
web: http://jurnal.utu.ac.id/mkreatif ; email: marinekreatif@utu.ac.id
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.