PENGOLAHAN PRODUK IKAN DAN PEMBERDAYAAN KELOMPOK MASYARAKAT

Sisca Elviana, Sunarni Sunarni, Nurhening Y Ekowati, Heny V Saiya

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberdayakan masyarakat Kelurahan Kamundu khususnya mereka yang kesehariannya sebagai ibu rumah tangga, untuk dapat mengolah ikan kakap menjadi beberapa produk makanan, sehingga memenuhi kebutuhan protein hewani khususnya bagi anak – anak. Ikan dapat dioleh menjadi beraneka ragam menu makanan baik sebagai lauk maupun sebagai camilan antara lain, bakso, nugget, sosis, kerupuk, abon, dendeng, perkedel dan lain sebagainya. Target yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian ini berupa adanya tambahan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat kelurahan Kamundu dalam mengolah ikan khususnya ikan kakap menjadi berbagai jenis makanan. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini berupa motivasi dan sosialisasi kepada masyarakat, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dalam pengolahan ikan kakap menjadi aneka produk makanan berupa bakso, sosis dan perkedel. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat cukup antusias dalam mengikuti seluruh kegiatan ditunjukkan dengan peran serta peserta mengikuti dan mempraktektan seluruh pembuatan produk.


Full Text:

PDF

References


Gunawan Gladys, Edy Fadlyana. Kusnandi Rusmil. 2011. Hubungan Status Gizi dan Perkembangan Anak Usia 1 – 2 Tahun. Sari Pediatri, Vol. 13, No. 2, Agustus 2011.

Husain Rahim.,S. Suparmo, Eni Harmayani., Chusnul Hidayat. 2017. Kinetika Oksidasi Protein Ikan Kakap (Lutjanus sp) Selama Penyimpanan. AGRITECH, Vol. 37, No. 2, Mei 2017, Hal. 199-204. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Kabupaten Merauke Dalam Angka. 2018. Badan Pusat Statistik Kabupaten Merauke BPS-Statistic Of Merauke.




DOI: https://doi.org/10.35308/jmk.v4i1.2455

DOI (PDF): https://doi.org/10.35308/jmk.v4i1.2455.g1676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Marine Kreatif (P-ISSN:2581-2238; E-ISSN: 2745-6900)
Published by Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar
web: http://jurnal.utu.ac.id/mkreatif ; email: marinekreatif@utu.ac.id
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.