Diversifikasi Olahan Makanan Berbasis Ikan Menjadi Produk Kaki Naga Bagi Ibu-Ibu Nelayan Desa Aron Tunggai Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan

T. Mauliyanda, Salman Salman, Syarif Ramadi, Uswatun Hasanah

Abstract


Progam Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah partisipasi dan motivasi ibu-ibu nelayan dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknis pengolahan ikan yang berbasis sumber daya lokal. Tujuan khususnya adalah meningkatkan keterampilan bagi ibu-ibu nelayan dalam teknis diversifikasi produk olahan ikan salah satunya adalah kaki naga yang dapat dikembangkan menjadi salah satu usaha yang dapat mendatangkan pendapatan dan nilai tambah keluarga.  Sasaran kegiatan ini di arahkan pada kelompok wanita kaum ibu-ibu nelayan. Metode yang di gunakan dalam kegiatan ini di mulai dengan melakukan penyuluhan pentingnya diversifikasi produk olahan ikan, dengan menjelaskan materi tentang macam-macam diversifikasi, pelatihan dan pendampingan pembuatan kaki naga ikan. melakukan praktek pembuatan kaki naga dari ikan tongkol, evaluasi dan pengemasan. Pembuatan kaki naga dari ikan tongkol akan menjadi alternatif pendapatan dan menambah nilai ekonomi masyarakat Aron Tunggai dengan bahan baku dan proses produksinya yang murah dan praktis. Hasil evaluasi dari kegiatan pelatihan dan praktek sampai pengemasan nya, ibu-ibu di desa Aron Tunggai sangat antusias dalam membuat produk kaki naga dan menciptakan rasa yang baru dan enak, dan ingin membuat produk olahan tersebut di rumah masing-masing dan pengembangan produk olahan perikanan untuk meningkatkan nilai ekonomi keluarga, dan mau menjadikan produk ini sebagai bentuk usaha dan berwirausaha.

Full Text:

PDF

References


Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Aceh Selatan. 2020. Laporan Tahunan Kelautan dan Perikanan.

Firlianty & ludang L. 2020. PKM Pengolahan Kaki Naga Ikan Air Tawar Untuk Meningkatkan Gizi keluarga. Jurnal Pengabdian Kampus. 7(2): 42-47 Hal.

Handoko. 2017. Mengani Tepung Tapioka, Meizana, Dan Terigu. Diakses Pada Tanggal 3 Januari 2021. http//m.lemonilo.com/blog/ mengenal-Tepung-Tapioka-Meizana-dan Terigu-e-pi_=7%2CPAGE_ID10%2C5879489259.html.

Herrera M. & L. Pierre. 2009. Status Of IOTC Database For Neritic Tuna. IOTC-WPDCS-06.1-46.

Lathifah. 2015. Makalah Diversifikasi Perikanan. Diakses Pada Tanggal 3 Januari 2021. http//berbagaimacamtugasku.blogspot.co.id/2015/02/makalah-diversifikasi-perikanan-bab-i.html.

Notoadjo & Soekidjo (2009) Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta.

Nugroho A. F. Swastawi & A. D. Anngo. 2014. Pengaruh Bahan Pengikat Dan Waktu Penggorengan Terhadap Mutu Produk Kaki Naga Ikan Tenggiri (Scomberomorus Sp). Jrnal Pengolahan Dan Bioteknologi Hasil Pengolahan Perikanan. 3(4): 140-149 hml.

Oktaviani, A. 2008. Study Keragaman Cacing Parasitik pada Saluran Pencernaan Ikan Gurami (Osphronemus gouramy) dan Ikan Tongkol (Euthynnus Afinnis). Skripsi. Fakultas Kedokteran Hewan. Institut Pertanian Bogor. Bogor. 51 hal.

Ratnasari I., Maryani, Alhidayat S. A., Handayani T. & Nursiah. 2018. Pendampingan dan Diversifikasi Olahan Ikan Lokal Menjadi Produk kaki Naga Untuk Pengembangan Kelompok Usaha Masyarakat di Desa Tiwingan Lama Kecamatan Aranio. Journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/Pengabdianmu. 3(2): Hal 194-200. P_ISSN: 2502-6828.

Standar Nasional Indonesia-SNI 2693-2014. Persyaratan Keamanan Mutu Ikan.

Sumardjo & Firmasyah A. 2015. Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sumber Daya Pangan di Sekitar Wilayah Operasional PT. Pertamina EP Asset 3 Subang Field. Bogor (ID): CARE IPB.

Verly D. & Lita A. D. Y. Montolalu. 2019. PKM Tentang Pengolahan Nugget dan Kaki Naga Ikan Pada Kelompok Wanita Kaum Ibu (WKI) GMIM SOLAFIDE Kelurahan Girian Indah Kecamatan Girian Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Media Teknologi Hasil Perikanan. 7(3)




DOI: https://doi.org/10.35308/mk.v7i1.7957

DOI (PDF): https://doi.org/10.35308/mk.v7i1.7957.g3922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Marine Kreatif (P-ISSN:2581-2238; E-ISSN: 2745-6900)
Published by Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar
web: http://jurnal.utu.ac.id/mkreatif ; email: marinekreatif@utu.ac.id
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.