Efektivitas Informasi Ekosistem Pulau Seurudong Aceh Selatan Sebagai Peningkatan Komunikasi Pada Masyarakat Pesisir

Friyuanita Lubis, Nurul Najmi, Eka Lisdayanti, Muhammad Arif Nasution

Abstract


Ekosistem perairan di Aceh Selatan Pulau Seurudong dimanfaatkan masyarakat sebagai salah satu tempat wisata alam yang memiliki pemandangan yang indah. Lokasi ini juga dikelilingi pulau-pulau kecil. Adanya aktivitas tersebut memungkinkan terjadinya pencemaran dan pemanfaatan sumberdaya perairan yang berlebihan. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu peningkatan informasi masyarakat terkait potensi dan mendukung aspek lingkungan pesisir. Berdasarkan hasil pengamatan dari responden, komunikasi langsung kepada masyarakat dan pemberian informasi melalui flyer menunjukkan tingkat pemahaman rerata 75%. Hal ini artinya dapat memberikan efektivitas yang optimal. Kemampuan komunikasi juga terwujud terhadap masyarakat maupun pemuda sekitar. Diharapkan adanya pemberian informasi ini tidak hanya dapat membawa atensi kepada masyarakat pesisir tetapi kepada pemerintah dan stakeholder dalam mendukung tujuan pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan yang berkelanjutan. Penerapan informasi ini dapat dijadikan sebagai pengetahuan dasar yang dipalikasikan untuk diri sendiri atau masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Munandar dan Rahmayanti, F. 2022. Identifikasi sampah laut anorganik yang ditemukan di Pantai Kuala Raja Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh. Journal of Aceh Aquatic Science. 6(2): 89-94.

Rahadian LD., Khan AMA., Dewanti LP dan Apriliani IM. 2019. Analisis sebaran suhu permukaan laut pada musim barat dan musim timur terhadapa produksi hasil tangkapan ikan lemuru (Sardinella lemuru) di Perairan Selat Bali. Jurnal Perikanan dan Kelautan. X(2): 28-34.

Rizky MF dan Mashur D. 2022. Penerapan Sustainable Development Goals Desa di Des Perkebunan Sungai Parit Kecamatan Sungai Lala Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(15): 385-394.

Rusmilyansari. 2012. Inventarisasi Alat Tangkap Berdasarkan Kategori Status Penangkapan Ikan yang Bertanggungjawab di Perairan Tanah Laut. Journal Fish Scientiae. 2(4): 143-153.

Santosa NA., Hanindharputri MA dan Nandaryani NW. 2020. Desain flyer infografis sebagai sarana sosialisasi upaya pencegahan covid-19. Jurnal Lentera Widya. 2(1): 1-8.

Thoha H dan Rachman A. 2013. Kelimpahan dan distribusi spasial komunitas plankton di Perairan Kepulauan Banggai. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis. 5(1): 145-161.

Vatresia A., Utama FP., Seftyarizki D dan Rais RR. Integrasi spasial Terrain jalur tapak pada wisata rindu hati dalam upaya peningkatan informasi bagi wisatawan berbasis ecotourism. JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 28(3): 221-227




DOI: https://doi.org/10.35308/mk.v7i1.7958

DOI (PDF): https://doi.org/10.35308/mk.v7i1.7958.g3923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Marine Kreatif (P-ISSN:2581-2238; E-ISSN: 2745-6900)
Published by Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar
web: http://jurnal.utu.ac.id/mkreatif ; email: marinekreatif@utu.ac.id
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.