Desain Dan Cara Nelayan Membuat Rumpon: Studi Kasus Di Pulau Buaya, Distrik Sorong Kepulauan, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya

Alianto Alianto, Hendri Hendri, Suhaemi Suhaemi

Abstract


Tujuan dari pengabdian pada masyarakat ini adalah menentukan dan menguraikan bentuk rumpon mulai dari bahan penyusun dan tahapan serta cara membuat rumpon sampai dengan penempatan rumpon ke daerah penangkapan ikan pelagis besar nelayan Pulau Buaya, Distrik Sorong Kepulauan, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya. Tahapan dan prosedur  pembuatan rumpon meliputi mempersiapkan alat dan bahan, pemilihan lokasi, menancapkan tiang pancang, merakit atau menyusun rumpon, membuat rumah di atas rumpon, dan menempatkan rumpon di lokasi penangkapan ikan. Tipe rumpon yang dibuat adalah rumpon permukaan berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran 6 x 3 meter (panjang 6 meter dan lebar 3 meter). Bahan utama untuk pembuatan rumpon adalah bambu, gabus dan tali. Bambu yang digunakan memiliki tekstur kulit yang kuat dan keras dan ukuran diameter serta panjangnya harus seragam serta bambu yang digunakan tidak terlalu muda dan tua. Gabus yang digunakan memiliki ukuran panjang dan lebar serta tebal yang seragam serta mempunyai tekstur bahan yang keras dan padat. Tali yang digunakan dengan bahan polypropylene serta memiliki diameter yang seragam atau tidak terlalu besar dan kecil serta harus kuat dan tahan terutama dari rendaman air laut.  Lokasi pembuatan rumpon berada di pantai yang masih mendapat pengaruh pasang surut air laut dengan jarak pasang tertinggi dengan surut terendah sekitar 9 – 10 m. Tiang pancang terdiri dari 6 tiang yang ditancapkan dipasir secara vertikal dari arah darat sampai ke arah laut. Lokasi penempatan rumpon berjarak sekitar 5-10 mil laut arah laut Samudera Pasifik sejajar Distrik Saosapor, Kabupaten Tambrauw.

Full Text:

PDF

References


Alianto, A., Kambanussy, Y., Sembel, L., & Hamuna, B. (2020). Akumulasi biomasa fitoplankton yang diukur sebagai klorofil-a di Perairan Teluk Doreri, Provinsi Papua Barat. Jurnal Kelautan Tropis, 23(2), 247-254.

Alianto, A., & Hamuna, B. (2020). Spatial-Temporal Variability of Chlorophyll-a Concentration in Cenderawasih Bay and Surrounding Waters. Journal of Applied Geospatial Information, 4(2), 343-349.

Alianto, A., Henri, H., & Suhaemi, S. (2018). Kelimpahan dan kelompok fitoplankton di perairan luar Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, 10(3), 683-697.

Alianto, S., FIE, H., & Suhaemi, G. T., Awak, NV, & Rumbewas, HSR (2016). Sebaran Klorofil-a di Daerah Fishing Ground Ikan Pelagis Besar Perairan Kepala Burung Pulau Papua. In Prosiding seminar nasional tahunan XIII hasil penelitian perikanan dan kelautan. Jilid II Manajemen Sumberdaya Perikanan, Universitas Gadjah Mada. pp: PI-11.

Dantes, K.R. 2016. Pelatihan pembuatan rumpon bagi kelompok nelayan di Desa Les, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng. Jurnal Widya Laksana, 5(1): 35-41

Jeujanan, B. 2008. Efektivitas Pemanfaatan Rumpon Dalam Operasi Penangkapan Ikan Di Perairan Maluku Tenggara. Tesis. Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Marani, A. R., Sabariah, V., Tururaja, T. S., Manaf, M., & Dody, S. (2023). Zooplankton Sebagai Bioindikator Lingkungan Perairan: Studi Kasus Perairan Teluk Doreri Manokwari, Provinsi Papua Barat. Jurnal Pengendalian Pencemaran Lingkungan (JPPL), 5(1), 83-90.

Marani, A. R., Alianto, A., Sabariah, V., Manaf, M., Tururaja, T. S., & Dody, S. (2022). Zooplankton di Perairan Teluk Doreri, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat. Jurnal Kelautan: Indonesian Journal of Marine Science and Technology, 15(2), 189-196.

Syahputra, F., Aldayani, S., & Mukhlis. 2022. Identifikasi Bahan Material Pembuatan Rumpon Laut Dangkal di Gampong Jawa Kota Banda Aceh. Jurnal TILAPIA, 3(1), 8-16.




DOI: https://doi.org/10.35308/mk.v7i2.8594

DOI (PDF): https://doi.org/10.35308/mk.v7i2.8594.g4176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Marine Kreatif (P-ISSN:2581-2238; E-ISSN: 2745-6900)
Published by Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar
web: http://jurnal.utu.ac.id/mkreatif ; email: marinekreatif@utu.ac.id
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.