Hirilisasi Produk Olahan Perikanan Oleh Istri Nelayan Di Desa Pulau Baguk, Kecamatan Pulau Banyak

Muhammad Rizal, Syahrul Ramadhan, Syahrul Muharram, Derila Erima, Sukra Afiat, Deri Anggraini, Akbar Diansyah, Iyan AI Misbah

Abstract


Pulau Banyak merupakan salah satu pulau yang terletak di Kabupaten Aceh Singkil, dikenal dengan keindahan pantai dan lautnya yang mempesona serta memiliki potensi sumber daya yang melimpah, khususnya di sektor perikanan. Potensi ini tentu dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan atau ekonomi masyarakatnya dimasa kini dan dimasa-masa yang akan datang. Metode pengabdian dilakukan melalui pelatihan model transfer ilmu dan teknologi pengolahan hasil perikanan dengan menggunakan bahan baku lokal yaitu ikan selar dan ikan tongkol. Hasil wawancara dengan peserta pada kegiatan pelatihan diketahui bahwa peserta sangat puas dengan produk yang mereka hasilkan, hal ini diperlihatkan pada saat stik dan abon diolah. Peserta sangat antuasias memerhatikan tahapan dalam pengolahan stik dan abon ikan yang sedang dipraktekan. Peserta juga menyatakan bahwa rasa terhadap produk yang telah dibuat enak dan sesuai dengan selera yang mereka inginkan. Peserta juga mengaku bahwa mereka sudah mampu membuat stik dan abon ikan sesuai dengan materi yang telah mereka dapatkan. Kegiatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa peserta pelatihan mempunyai antusiasme dalam mengikuti pelatihan dan merasa puas dengan produk yang dilatihkan. Keterampilan peserta dalam membuat produk olahan ikan bertambah, akan tetapi masih diperlukan pendampingan lebih lanjut agar keterampilan yang sudah dimiliki dapat dijadikan produk tambahan untuk yang sudah menjalani usaha.

Full Text:

PDF

References


Dewi, P.S., & Widiyawati, I. (2019). Penerapan teknologi budidaya tanaman obat sebagai upaya pemanfaatan lahan pekarangan di Kelurahan Pabuwaran, Purwokerto, Jawa Tengah. Jurnal Panrita Abdi, 3(2), 105 – 112.

Firlianty & ludang L. 2020. PKM Pengolahan Kaki Naga Ikan Air Tawar Untuk Meningkatkan Gizi keluarga. Jurnal Pengabdian Kampus. 7(2): 42-47 Hal.

Sahami, F.M., & Hamzah, S.N. (2018). Diversifikasi Olahan Cumi Kering “Cumkring O500” Melalui KKN-PPM di Desa Olimoo’o Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Jurnal Panrita Abdi, 4(3), 281- 289.

Kesumasari, C., Kurniati, Y., Syam, A., Salam, A., & Virani, D. (2020). Pencegahan Stunting Pada Balita Melalui Pemberdayaan Kader PKK Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Jurnal Panrita Abdi, 4(3), 322 - 327.

Wodi SIM, Cahyono E, Kota N. 2018. Analisis Mutu Bakso Ikan Home Industri dan Komersil Di Babakan Raya Bogor. Jurnal Fishtech. 8(1):7-11.




DOI: https://doi.org/10.35308/mk.v7i2.8597

DOI (PDF): https://doi.org/10.35308/mk.v7i2.8597.g4179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Marine Kreatif (P-ISSN:2581-2238; E-ISSN: 2745-6900)
Published by Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar
web: http://jurnal.utu.ac.id/mkreatif ; email: marinekreatif@utu.ac.id
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.