Bimbingan Teknis Kultur dan Treatment Bahan Baku Lokal untuk Meningkatkan Kualitas Pakan Ikan pada Kelompok Rumah Produksi Pakan di Kabupaten Aceh Singkil

Fazril Saputra, Afrizal Hendri, Sufal Diansyah, Khairul Samuki, Alfis Syahril

Abstract


Kabupaten Aceh Singkil merupakan salah satu provinsi di Provinsi Aceh dengan luas daerah 1.857,88 Km2. Kabupaten Aceh singkil terbagi dalam 11 Kecamatan yang terdiri dari dua wilayah yakni daratan dan kepulauan. Letak geografis Kabupaten Aceh Singkil berada pada posisi 2002’-2027’30” Lintang Utara dan 97004’-97045’00” Bujur Timur. Topografi Kabupaten Aceh Singkil mendukung untuk melakukan budidaya perikanan air tawar dan air laut. Selama ini untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan masyarakat kabupaten Aceh Singkil membeli pakan komersial dari wilayah Sumatera Utara, namun biaya yang ditawarkan sangat mahal. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah membimbing teknis kultur dan treatment bahan baku lokal untuk meningkatkan kualitas pakan ikan pada kelompok rumah produksi pakan di Kabupaten Aceh Singkil. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah bimbingan teknis bahan baku lokal bagi kelompok rumah produksi pakan di Kabupaten Aceh Singkil. Program diawali dengan melakukan edukasi tentang konsep pemilihan bahan baku lokal pada pakan ikan, cara penggunaan bahan baku lokal pada pakan ikan, metode pemberian bahan baku lokal dan diakhiri dengan pelatihan cara budidaya ikan yang baik. Monitoring dan evaluasi juga akan dilakukan untuk melihat tingkat kemandirian pembudidaya ikan dalam mengaplikasikan ilmu dan teknologi yang telah diajarkan dan keberlanjutan program serta kendala-kendala selama program ini berlangsung. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah bimbingan teknis kultur dan treatment bahan baku lokal mampu meningkatkan pemahaman kelompok rumah produksi tentang kualitas pakan ikan.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (2022) Kecamatan Simeulue Barat Dalam Angka. Kabupaten Simeulue: Badan Pusat Statistik.

Hartami P, dan Rusydi R. (2016) “Efektivitas Kombinasi Pakan Ampas Tahu Dan Pelet Untuk Pertumbuhan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias sp),” Acta Aquatica, 3(2), hal. 40–45.

Ilyas AP, Nirmala K, Haris E. dan Widiyanto T. (2014) “Pemanfaatan Lemna Perpusilla Sebagai Pakan Kombinasi Untuk Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Pada Sistem Resirkulasi,” 21(2), hal. 193–201.

Nilofar Y, Khusboo K dan Kaushal S. (2022) Probiotics from Fermented Fish, IntechOpen. London, United Kingdom: IntechOpen. Tersedia pada: https://www.intechopen.com/books/advanced-biometric-technologies/liveness-detection-in-biometrics.

Priyono S. (2021) “Tingkat Penerimaan Masyarakat Terhadap Penerapan Sistem CBIB (Cara Budidaya Ikan Yang Baik) Pada Budidaya Pembesaran Ikan Lele Kolam Terpal Di Kecamatan Slawi Dan Kecamatan Lebaksiu,” Jurnal Pengabdian Perikanan Indonesia, 1(2), hal. 130–140. Tersedia pada: https://doi.org/10.29303/jppi.v1i2.115.

Putra AN, Hidayat SF, Syamsunarno MB, Mustahal, Hermawan D, dan Herjayanto. (2020) “Evaluasi Fermentasi Tepung Bungkil Kelapa Sawit dengan Menggunakan Saccharomyces cerevisiae dalam Pakan Ikan Nila (Oreochromis niloticus),” Jurnal Perikanan dan Kelautan, 10(1), hal. 20–29.

Saputra F, Ibrahim Y, Islama D, Zulfadhli, Mahendra, Isbah F, Rozi A, dan Bahri S. (2022) “Edukasi Dan Aplikasi Teknologi Probiotik Berbahan Baku Lokal Bagi Pembudidaya Ikan Air Tawar Ekonomis Penting,” Marine Kreatif, 6(1), hal. 70–75.

Wahyudi A, Sasmita PG, dan Kartika IWD. (2020) “Pengaruh Perbedaan Jenis Pakan Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Lele Dumbo ( Clarias gariepinus ),” Current Trends in Aquatic Science, III(2), hal. 59–66.




DOI: https://doi.org/10.35308/mk.v7i2.8899

DOI (PDF): https://doi.org/10.35308/mk.v7i2.8899.g4357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Marine Kreatif (P-ISSN:2581-2238; E-ISSN: 2745-6900)
Published by Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar
web: http://jurnal.utu.ac.id/mkreatif ; email: marinekreatif@utu.ac.id
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.