Simulasi Relokasi Telur Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) di Pantai Babah Dua Lampuuk, Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh

Rika Astuti, Eka Lisdayanti, Hayatun Nufus, Muhammad Arif Nasution, Afrita Ida Utami, Ikhsan Jamaluddin

Abstract


Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) merupakan jenis hewan reptil laut yang termasuk kedalam kategori terancam punah menurut data IUCN. Populasi penyu di pantai Aceh saat ini semakin terancam, karena pemanfaatan telur untuk dikonsumsi oleh masyarakat setempat. Pengabdian ini merupakan kolaborasi dari berbagai komunitas, diantaranya Komunitas Gerakan Aksi Baik (GAB), Komunitas Konservasi Penyu Lampuuk dan dari pihak akademisi yakni Universitas Teuku Umar dan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Tujuan kegiatan simuasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan peningkatan skill dan ketrampilan dalam melakukan kegiatan konservasi penyu. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 3 maret 2023 bertempat di Pantai Babah dua Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Tahapan pelaksanaan kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah sosialisasi dengan cara diskusi tanya jawab dan kegiatan praktek langsung teknik relokasi telur penyu lekang serta pelepasan tukik penyu untuk kembali ke laut. Tukik penyu lekang (Lepidochelys olivacea) yang dilepaskan kelaut sebanyak 84 ekor. Diharapkan dengan adanya kegiatan simulasi relokasi telur penyu lekang (Lepidochelys olivacea) di pantai Babah dua Lampuuk ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan peserta yang hadir dari berbagai komunitas dalam melestarikan penyu di Aceh secara berkelanjutan. 

Full Text:

PDF

References


Darmawan, A. 2009. Buku Pedoman Teknis Pengelolaan Konservasi Penyu. Direktorat Konservasi dan Taman Nasional Laut, Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Departemen Kelautan dan Perikanan RI. Jakarta.

Harnino, T. Z., Parawangsa, I. Y., Sari, L. A., & Arsad, S. 2021. Efektivitas Pengelolaan Konservasi Penyu di Turtle Conservation and Education Center Serangan, Denpasar Bali. Journal of Marine and Coastal Science. 1.

Priyono, A. 1989. Pengelolaan Habitat Penyu. Media Konservasi. Vol 2 (2).

Rosalina, Dwi dan Prihajatno, Muji. 2022. Upaya Konservasi Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) di Wilayah Konservasi Edukasi Mangrove dan Penyu Pantai Cemara, Banyuwangi, Jawa Timur. Jurnal Kebijakan Perikanan Indonesia. Vol.14(1).

Syaputra, L. I. D. Mardhia, dan D. Syafikri. 2020. Karakteristik Habitat Peneluran Penyu di Calon Kawasan Konservasi Perairan Taman Pesisir Lunyuk dan Tatar Sepang. Indonesian Journal of Applied Science and Technology. Vol 1(2).

Syaiful, N.B., J. Nurdian, dan I. J. Zakaria. 2013. Penetasan Telur Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) Eschscholtz, 1829 Pada Lokasi Berbeda di Kawasan Konservasi Penyu Kota Pariaman. Jurnal Biologi. Vol 2 (3).

WWF. 2009. Buku panduan melakukan pemantauan populasi penyu di pantai peneluran penyu di Indonesia. Universitas Udayana.




DOI: https://doi.org/10.35308/mk.v8i1.9039

DOI (PDF): https://doi.org/10.35308/mk.v8i1.9039.g4637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Marine Kreatif (P-ISSN:2581-2238; E-ISSN: 2745-6900)
Published by Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar
web: http://jurnal.utu.ac.id/mkreatif ; email: marinekreatif@utu.ac.id
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.