Diversifikasi Produk Olahan Pangan Berbasis Bahan Baku Perikanan

Ira Maya Abdiani, Stephanie Bija, Nurhikma Nurhikma, Novi Luthfiyana, Heni Irawati, Ricky Febrinaldy Simanjuntak, Anhar Rozi

Abstract


Diversifikasi produk olahan pangan berbasis bahan baku perikanan merupakan salah satu upaya penganekaragaman produk pangan yang berasal dari ikan dengan memperhatikan faktor gizi dan keamanan pangannya. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesejahteraan masyarakat melalui pembuatan olahan-olahan produk diversifikasi perikanan. Mitra dari kegiatan PkM ini adalah ibu-ibu PKK Desa Tagul, Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi dua tahapan, yaitu sosialisasi dan pelatihan. Diharapkan ibu-ibu PKK dapat mengolah sumberdaya ikan lokal menjadi produk makanan yang lebih bervariasi dan menarik untuk dikonsumsi, serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakan melalui produksi olahan diversifikasi ikan. Kegiatan ini penting dilakukan untuk meningkatkan konsumsi produk perikanan, baik dari kualitas, kuantitas, hingga menambah nilai jual.

Full Text:

PDF

References


Andarwulan N, Kusnandar F, Herawati D. 2011. Analisa Pangan. Penerbit: Dian Rakyat. Jakarta.

Badarudin, MI. 2019. Pengolahan Bakso Ikan Tenggiri (Scomberomorus comersonni) dengan Konsentrasi Tepung Tapioka Berdasarkan Uji Organoleptik. Jurnal Riset Perikanan dan Kelautan, 1(2):83-93.

Kusnadi DC, Bintoro VP, Al-Baarri AN. 2012. Daya Ikat Air, Tingkat Kekenyalan dan Kadar Protein pada Bakso Kombinasi Daging Sapi dan Daging Kelinci. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 1(2): 28-31.

Muttaqin B, Surti T, Wijayanti I. 2016. Pengaruh Konsentrasi Egg White Powder (EWP) Terhadap Kualitas Bakso dari Ikan Lele, Bandeng, dan Kembung. Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan, 5(3): 9-16.

Wibowo, Singgih. 1995. Industri Pengolahan Bakso Ikan dan Bakso Daging. Penebar Swadaya. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35308/mk.v8i1.9789

DOI (PDF): https://doi.org/10.35308/mk.v8i1.9789.g4708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Marine Kreatif (P-ISSN:2581-2238; E-ISSN: 2745-6900)
Published by Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar
web: http://jurnal.utu.ac.id/mkreatif ; email: marinekreatif@utu.ac.id
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.