Peningkatan Karakter dan Kebudayaan di Desa Pangkalan Sulampi

Defrian Marta, Nurul Fajria, Agil Riskianda, Rahmad Afrizal, Wahyuniati Wahyuniati, Janatun Janatun, Nurafiaton Nurafiaton, Masykur Masykur, Julia Rizki

Abstract


Program Kuliah Kerja Nyata Reguler (KKN-R) merupakan bentuk pengabdian masyarakat oleh mahasiswa sebagai pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu lokasi pelaksanaan kegiatan ini adalah Desa Pangkalan Sulampi, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, yang dikenal sebagai desa tertua di wilayah tersebut dengan sejarah panjang sejak masa penjajahan Belanda. Dalam era modern yang diwarnai oleh pesatnya perkembangan teknologi, media komunikasi memiliki peran strategis dalam menyampaikan informasi, memperkuat karakter masyarakat, serta melestarikan nilai-nilai budaya lokal. Melalui program KKN-R Universitas Teuku Umar (UTU), mahasiswa melaksanakan kegiatan “Pembuatan Papan Informasi Desa” sebagai media penyebaran informasi sejarah dan budaya kepada masyarakat. Kegiatan ini diawali dengan pendataan dan wawancara kepada masyarakat di tiga dusun, dilanjutkan dengan proses pengolahan informasi, perancangan media dalam bentuk poster atau baliho, serta pemasangan papan informasi di lokasi strategis desa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa media komunikasi berbasis visual mampu meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap identitas budaya lokal. Program ini juga menjadi bentuk kontribusi nyata mahasiswa dalam memperkuat ketahanan sosial desa melalui pendekatan komunikasi yang adaptif dan edukatif.


Full Text:

PDF

References


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Panduan Umum Kuliah Kerja Nyata (KKN). Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, 2021.

M. Nasution, “Pendidikan karakter dalam pembangunan bangsa,” Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, vol. 18, no. 2, pp. 109–118, 2018.

A. Wibowo, Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

D. E. McQuail, McQuail’s Mass Communication Theory, 6th ed. London: Sage Publications, 2010.

R. Effendy, Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti, 2015.

H. Lasswell, “The structure and function of communication in society,” in The Communication of Ideas, L. Bryson, Ed. New York: Institute for Religious and Social Studies, 1948, pp. 37–51.

E. Mulyasa, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2020.

R. Surakhmad, “Pendidikan karakter sebagai solusi atas degradasi moral generasi muda,” Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 1, no. 1, pp. 34–45, 2019.

L. Bowen, “Community development and communication: Media strategies for empowerment,” Media Asia, vol. 44, no. 1, pp. 3–9, 2017.

D. R. Putri dan M. Hidayat, “Pengaruh media komunikasi terhadap penyebaran informasi budaya lokal,” Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, vol. 7, no. 2, pp. 145–154, 2020.

K. Lestari, “Revitalisasi budaya lokal melalui media informasi desa,” Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 9, no. 1, pp. 55–64, 2021.

A. Susanto dan Y. Nugraha, “Strategi komunikasi visual dalam pelestarian budaya lokal,” Jurnal Komunikasi Visual, vol. 5, no. 2, pp. 120–130, 2020.

T. Rachmawati, “Pemanfaatan teknologi informasi untuk penguatan identitas budaya desa,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), vol. 4, no. 3, pp. 178–185, 2022.

R. H. Siregar, “Peran mahasiswa dalam pemberdayaan masyarakat melalui KKN,” Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 6, no. 1, pp. 10–18, 2020.

P. K. Lestari dan S. Widodo, “Media komunikasi interaktif dalam meningkatkan literasi sejarah lokal,” Jurnal Teknologi dan Komunikasi, vol. 3, no. 4, pp. 201–210, 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknodimas Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar

 teknodimas@utu.ac.id
 +6282160730785  l  +6281370126894
 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia 

Creative Commons License

Jurnal Teknodimas licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.