Membangun Ketahanan Pangan dan Sosial Berkelanjutan: Peran KKN Reguler di Gampong Tangkeh Aceh Barat
Abstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk nyata pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang menjadi bagian penting dari kurikulum perguruan tinggi di Indonesia. Program ini dilaksanakan di Gampong Tangkeh, Kecamatan Woyla Timur, Kabupaten Aceh Barat, dengan mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat untuk Pembangunan Berkelanjutan”. Permasalahan utama yang ada ditengah masyarakat Gampong Tangkeh adalah ketergantungan pada komoditas sawit dan kurangnya pemanfaatan potensi lokal, khususnya lahan kosong yang dapat mendukung ketahanan pangan. Melalui pendekatan partisipatif, mahasiswa bersama masyarakat merancang dan melaksanakan berbagai program, antara lain pengelolaan lahan lestari, pelatihan keterampilan digital (Microsoft Word), pelatihan pembuatan tape dan tempe, edukasi stop bullying, serta pelatihan tari tradisional Ranup Lampuan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa partisipasi aktif warga tidak hanya meningkatkan keterampilan dan kesadaran masyarakat terhadap potensi lokal, tetapi juga memperkuat ikatan sosial dan semangat kebersamaan. Program KKN di Gampong Tangkeh menjadi pengalaman transformatif bagi mahasiswa sekaligus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat desa dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.
Full Text:
PDFReferences
A. Dariyo, “Kuliah Kerja Nyata Tematik sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Resiliensi Mahasiswa,” J. Ilmu Pendidik. STKIP Kusuma Negara, vol. 14, no. 2, pp. 177– 185, 2023, doi: 10.37640/jip.v14i2.1547.
C. E. P. Wulandari, S. Sugiatno, and S. Siswanto, “Dampak Kuliah Kerja Nyata Dalam Pengembangan Keagamaan Bagi Remaja,” FOKUS J. Kaji. Keislam. dan Kemasyarakatan, vol. 5, no. 2, p. 221, 2020, doi: 10.29240/jf.v5i2.1830.
E. Sri Wiyono et al., “Kuliah Kerja Nyata Tematik Domisili: Sebuah Program Alternatif Pengabdian Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 The Thematic Community Service Program Domicile: A Community Services Alternative Program during the Covid-19 Pandemic,”Agrokreatif, vol. 8, no. 3, 2022.
Rosdialena and F. Alrasi, “Respon Masyarakat terhadap Kegiatan KKN Mahasiswa UM SumateraBarat di Tanjuang Modang,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 5, pp. 1178–1193, 2023.
H. Puput and E. Saragih, “Bahjoga Utara Utara,” vol. 10, pp. 60–69.
A. Indah Damayanti and M. Fitrah Raffi Akbar, “Manfaat Dan Tantangan Kkn Sebagai Wadah Pengembangan Diri Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Benefits and Challenges of Kkn As a Convenience for Self-Development and Community Service,” pp. 6676–6688, 2016, [Online]. Available: https://jicnusantara.com/index.php/jiic
M. Paramitha, N. S. Rahmadani, A. Harahap, N. Widyanti, M. P. Putra, and N. Harahap, “DESA DAMAK MALIHO,” vol. 2, no. 02, pp. 125–132, 2024.
A. Fauzi and A. G. P. Haukilo, “Kkn Dan Collaborative Governance Menggagas Pembangunan Berkelanjutan Di Tingkat Desa,” JianE (Jurnal Ilmu Adm. Negara), vol. 6, no. 3, pp. 113–130, 2024, doi: 10.32938/jan.v6i3.8549.
A. Dwiansyah et al., “Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Didesa Sumber Arum Dusun 1,” JICN J. Intelek dan Cendikiawan Nusant., vol. 1, no. 4, pp. 54444–5453, 2024, [Online]. Available: https://jicnusantara.com/index.php/jicn
Indra Satria, “Kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari ( Krpl ) Terhadap Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Di Kabupaten Asahan Oleh Indra Satria Program Magister Agribisnis Pascasarjana Universitas Medan Area Medan Kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari ( Krpl ) Terhadap,” Tesis, 2021.
E. Kasymir et al., “Pelatihan Dasar Microsoft Word Guna Meningkatkan Kinerja Staf Desa Ulak KapalKasymir, E., Achfisti, S. U., Hamid, D., Octarina, N. A., Yanti, A. N., Qonitah, A., Wulandari, T., & Aulia, T. (2022). Pelatihan Dasar Microsoft Word Guna Meningkatkan Kinerja S,” Buguh J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2022.
R. Amerza, Z. Edhar, R. Kusmiarti, G. Krisnando, P. Sadjijo, and A. Ibrahim, “Pengenalan Komputer Dan Pelatihan Dasar Microsoft Office Word Untuk Anak Pesantren Modern Daarul Iman Sukajaya,” J. Pengabdi. Kolaborasi dan Inov. IPTEKS, vol. 1, no. 3, pp. 199–206, 2023, doi: 10.59407/jpki2.v1i3.34.
S. Palimbong and A. S. Pariama, “Potensi Ekstrak Bunga Telang (Clitoria ternatea Linn) sebagai Pewarna pada Produk Tape Ketan,” J. Sains dan Kesehat., vol. 2, no. 3, pp. 228–235, 2020, doi: 10.25026/jsk.v2i3.147.
M. R. R. B. Pakpahan, R. Ruhiyat, and D. I. Hendrawan, “Karakteristik Air Limbah Industri Tempe (Studi Kasus: Industri Tempe Semanan, Jakarta Barat),” J. Bhuwana, vol. 1, no. 2, pp. 164–172, 2021, doi: 10.25105/bhuwana.v1i2.12535.
A. Adiyono, A. Adiyono, I. Irvan, and R. Rusanti, “Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying,” Al-Madrasah J. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 3, p. 649, 2022, doi: 10.35931/am.v6i3.1050
E. N. S. Lusiana and S. Arifin, “Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Sosial Anak,” Kariman J. Pendidik. Keislam., vol. 10, no. 2, pp. 337–350, 2022.
Kementerian, “Fenomena Kasus Bullying Di Sekolah,” Res. Gate, no. 2, 2019.
D. Maharani, H. Nabil, G. Ningrum, and K. Nazelina, “Penyuluhan Generasi Anti Bullying: Membangun Lingkungan Yang Menghargai Perbedaan,” LPPM UMJ, no. November, 2024, [Online]. Available: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
E. S. Aisyah, “Pembelajaran Seni Tari Tradisional dalam Upaya Peningkatan Motorik Kasar Bagi Anak Usia Dini,” Ceria (Cerdas Energik Responsif Inov. Adapt., vol. 7, no. 2, pp. 172–178, 2024.
L. Pada, A. Usia, D. Di, T. K. Negeri, and N. Pidie, “Pembelajaran kearifan lokal berbasis tari tradisional aceh ranup lampuan pada anak usia dini di tk negeri nanggroe pidie jaya,” no. 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknodimas Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar
teknodimas@utu.ac.id
+6282160730785 l +6281370126894
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
Jurnal Teknodimas licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.