Pendampingan Perbaikan Jembatan Gantung di Gampong Tanjung Meulaboh

Dewi Purnama Sari, Yulita Rahmi, Rita Fazlina, Edi Mawardi

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat berbasis Asset Based Community Development ini dilaksanakan dengan melakukan pendampingan pembangunan jembatan sepanjang jembatan gantung. Jembatan ini dibangun untuk menghubungkan jalan yang dipisahkan oleh sungai besar.  Sebelumnya jalan ini sudah dibangun jembatan tapi rusak akibat faktor usia jembatan dan beban yang melintas. Kegiatan ini dimulai dari persiapan, survei lokasi, dan penggalian informasi sumber dana. Selanjutnya dilakukan tahap pelaksanaan peninjauan lapangan untuk menentukan teknis pelaksanaan di lapangan oleh pihak PUPR Aceh Barat dan tim pengabdi. Pekerjaan pembangunan jembatan tersebut diharapkan dapat menyediakan prasarana jalan warga yang layak dan memperlancar kegiatan khususnya pelajar sekolah dalam menimba ilmu di SMP Negeri 2 Kawai XVI dan santri Pondok Pesantren Dayah Nurul Ilmi. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan diatas adalah kerja sama antara devisi sosial, Pondok Pasantren Dayah Nurul Ilmi, pihak PUPR dan masyarakat setempat secara bergotong royong melakukan pembangunan jembatan tersebut.


Full Text:

PDF

References


Pradipto E. and A. Triwiyono, “Pengembangan Program Jembatan Penyeberangan Orang Menjadi Penyeberangan Mobil di Desa Sukatani,” Wikrama Parahita J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, p. 61, Nov. 2018.

Arini R.N., A. Andreas, W. Meutia, and R. T. Lestari, “Pembuatan Insfrastruktur Jembatan di Desa Pasir Karok,” J. JANATA, vol. 1, no. 2, pp. 30–36. 2021.

Maulana, M. Asset-Based Community Development: Strategi Pengembangan Masyarakat di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang. EMPOWER: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259-278. 2019

Susilawaty, Andi, Andi Ariyadin Putra, and Nurdiyanah. “Identifikasi Aset Sarana Sanitasi Dasar Dengan Pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) Di Desa Baruga Kecamatan Bontomanai Kabupatan Kepulauan Selayar.” Public Health Science Journal 10(1):96–107. 2017.

Wijatmiko I, S. P. Budio, and M. T. Hidayat, “Kajian Teknis Kondisi Eksisting dan Perkuatan Jembatan SDN Beji”. Tekad Teknik Mengabdi. 2.1. 27-31. 2023.

IWijayanti I. D. “Rancang Bangun Struktur Jembatan di Kawasan Wisata Sawah dengan Simulasi Pembebanan Merata,” Sewagati, vol. 6, no. 3, Mar. 2022.

Maulana, Mirza. "Asset-asset Community Development: Strategi Pengembangan Masyarakat di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang". EMPOWER : Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam Vol. 4, No. 2. 259-278. 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknodimas Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar

 teknodimas@utu.ac.id
 +6282160730785  l  +6281370126894
 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia 

Creative Commons License

Jurnal Teknodimas licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.