Edukasi Sadar Bencana dengan Manajemen Mitigasi Bersama Kelembagaan BPBD Kabupaten Aceh Barat
Abstract
Perencanaan dan pendidikan kebencanaan sangat perlu disosialisasikan kedapa masyarakat yang berada pada kawasan rentan terhadap bencana guna untuk pencegahan dan pengurangan risiko bencana yang bias terjadi kapan saja. Pendidikan kebencanaan harus diselaraskan dengan peraturan pemerintah tentang Kewaspadaan bencana dan kesadaran bencana nasional, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 46 Tahun 2008 dan Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 4 Tahun 2008. Pengabdian masyarakat dilakukan dengan menyosialisasikan pendidikan kebencanaan sesuai dengan tingkat dan potensi bencana di daerah, bersama Lembaga BPBD Aceh Barat. Hasil yang didapatkan masih banyaknya masyarakat yang belum memahami dan tentang ciri-ciri potensi bencana yang akan terjadi dikarenakan masih kurang memahami ilmu tentang pendidikan kebencanaan. Metode yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan kebencanaan adalah ICT, Example Non Example dan Tanya Jawab. hasil yang dicapai adalah masyarakat memiliki peningkatan pengetahuan akan tanggap bencana, sadar bencana dan tangguh akan bencana.
Full Text:
PDFReferences
U.-U. No24, “Tentang Penanggulangan Bencana,” 2008.
Peraturan Presiden No 8 Tahun2008, “Tentang Badan Penanggulangan Bencana,” 2008.
P. penanggulangan Bencana, “Peraturan Pemerintah (PP) No 21,” 2008.
P. M. D. N. No46, “pedoman organisasi dan tata kerja Badan Penanggulangan Bencana Nasional,” 2008.
S. A. Widodo. W, Ikhsan. J, “Implementasi Pengurangan risiko Bencana di Sekolah. Seminar Nasional Abdimas II 2019 SinergiI dan Strategi Akademisi, Business dan Government (ABG) Dalam Mewujudkan Pemberdayaan Masyarakat Yang Berkemajuan di Era Industri 4.0,” Progr. Stud. Tek. Sipil, Univ. Muhammadiyah Yogyakarta, 2019.
T. Y. Koswara. A, Amri. A, Zainuddin, F.K, Ngurah. I, Muzaki. J, Muttmainna. L, Utamaningsih. M, Saleki. R. J. S, Widowati, “Pendidikan Tangguh Bencana. Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana Di Indonesia,” 2019.
P. Braun, T., Cottrell, R., & Dierkes, “Fostering changes in attitude, knowledge and behavior: demographic variation in environmental education effects,” Environ. Educ. Res., vol. 24(6), pp. 899–920, 2018, [Online]. Available: https://doi.org/10.1080/13504622.20 17.1343279
P. K. B. Nasional and P. Bencana, “Pedoman Pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” vol. 11, 2008.
M. D. G. Allo, “Is the online learning good in the midst of COVID-19 Pandemic? The case of EFL learners,” J. Sinestesia, 10(1), 1–10., vol. 10, pp. 1–10, 2020.
M. S. Ahmad, T. B. T., & Nordin, “University students’ subjective knowledge of green computing and pro-environmental behavior,” Int. Educ. Stud., vol. 7(2), pp. 64–74, 2014, [Online]. Available: https://doi.org/10.5539/ies.v7n2p64
S. Watson, L., Hegtvedt, K., Johnson, C., Parris, C., & Subramanyam, “When legitimacy shapes environmentally responsible,” Considering Expo. to Univ. Sustain. Initiat. Educ. Sci., vol. 7(1), p. 13., 2017, [Online]. Available: https://doi.org/10.3390/educsci7010 013
H. Liu, Y., Qu, Y., Lei, Z., & Jia, “Understanding the Evolution of Sustainable Consumption Research. Sustainable Development,” Sustain. Dev., vol. 25(5), pp. 414–430., 2017, [Online]. Available: https://doi.org/10.1002/sd.1671
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknodimas Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar
teknodimas@utu.ac.id
+6282160730785 l +6281370126894
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
Jurnal Teknodimas licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.