PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN CITY BRANDING KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

Nur Asma, Firman Parlindungan

Abstract


 

City branding dapatdiartikansebagaipembentukanidentitaskota yang dilakukansecaramasif dan sistematis, sehingga identitas tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Kabupaten  Aceh Barat Daya melakukan city branding, khususnya melalui media sosial Instagram. Kemajuan teknologi serta perubahan masyarakat 5.0 menjadikan penggunaan media sosial sebagai sarana atau alat yang efektif untuk melakukan city branding. Dengan menggunakan penedekatan kualitatif melalui wawancara dan observasi, penelitian mengungkap peran Instagram dalam membentuk identitas Kabupaten  Aceh  Barat Daya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, identitasKabupaten Aceh Barat Daya yang ditonjol kan melalui akun Instagram @abdya_kita mencakup tigaas pekutama, yaitu: (1) atribut kabupaten yang sesuai dengan kondisialam, (2) pesan yang mengindikasikan sebagai tujuan wisata, dan (3) diferensiasi postingan yang menonjolkan keunggulan Kabupaten Ace Barat Daya. Optimalisasi media sosial Instagram dalam membangun city branding perlu dilakukan dalam skala dan akses yang lebih luas.

Kata Kunci: city branding, media sosial, promosi digital, komunikasi digital


Full Text:

PDF

References


Aditya, Y.(2011). City Branding sebagaistrategi pengembanganpariwisataditinjaudariaspekhukum merek.JurnalIlmiahIlmu HukumQisti5(1): 50-68.

Atika, W.(2019). Pengaruhpromosi media sosial dan citybrandyng terhadap keputusan berkunjung ke tempat wisata. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Gunawan, I. (2013). Metodepenelitiankualitatif. Jakarta: BumiAksara.

Kasapi, I., &Cela, A. (2017). Destination branding: A review of the city branding literature. Mediteranian Journal of Social Sciences, 8(4), 129-142.

Pramiyanti, A. (2013). Strategi word of mouthcommunication dalamcity branding Kota Bandung.Prosiding. Bandung: Telkom University.

Puspitasari, C.P. (2017). Strategi city brandyngKota Surakarta melaluiInstagram.Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Riza, M., Doratli, N., &Fasli, M. (2012). City branding and identity. Procedia Socia and Behavioral Science, 35, 293-300.

Sarjono, R.(2017). Media sosial dan city branding(City BrandingPekalongan Green City Melalui Media Sosial Instagram). Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zellatifani, C.M., &Mudjianto, B. (2018). Tipepenelitiandeskriptifdalamilmukomunikasi. Diakom: Jurnal Media Komunikasi, 1(2), 83-90.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi
p-ISSN:  I  e-ISSN: 2807-7989  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +62 813-7013-1712
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License