INOVASI RRI MEULABOH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN

Anggi Silvia, Said Fadhlain

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi diera digitalisasi telah memberikan alternatif baru serta memudahkan publik dalam mendapatkan akses informasi. dimanapun dan kapanpun. Kemajuan teknologi hari ini telah memberikan fitur-fitur baru yang bisa dilihat secara langsung dan tidak hanya didengar. Hal ini mengharuskan media radio untuk berbenah melakukan pembaruan dan inovasi dalam menghadapi persaingan media untuk tetap mempertahankan eksistensinya. Tujuan serta manfaat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui inovasi Radio Republik Indonesia Meulaboh dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini adalah penelitan dalam bentuk lapangan (field Research) jenis deskriptif, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang memberikan suatu gambaran tentang kondisi, situasi dan kejadian secara faktual dan secara sistematis mengenai faktor-faktor, sifat-sifat, dan hubungan antara suatu fenomena. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara Keseluruhan salah satu inovasi terbaru RRI dengan memanfaatkan teknologi adalah RRI Net (RRI pertelevisian) yang artinya radio yang divisualkan. Dan terobosan lainnya yang dilakukan RRI adalah dengan membuat aplikasi Play Go untuk memberikan sensasi baru kepada pendengar. Dengan hadirnya aplikasi Play Go memberikan kemudahan bagi para pendengar dalam mengakses radio bisa melalui mobile. Usaha yang dilakukan Radio Republik Indonesia (RRI) Meulaboh dalam menghadapi persaingan dan dalam mempertahankan minat para pendengar, RRI Meulaboh melakukan pembaruan dan inovasi terhadap program siaran radio. Pembaruan program siaran dari yang biasanya cuma hanya bisa didengar oleh para pendengar, namun sekarang RRI Meulaboh menyediakan siaran secara Live Streaming dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan mengikuti trend anak muda agar bisa memanjakan para pendengar. Inovasi ini dilakukan RRI Meulaboh dalam mempertahankan eksistensinya dalam menghadapi persaingan media.

 

Kata Kunci: Radio, Teknologi, Inovasi, Siaran Publik

 


Full Text:

PDF

References


Adek, F., Yanto, & Lorita, E. (2017). Inovasi Media Online dalam Menghadapi Persaingan Media Massa di Kota Bengkulu. Jurnal Professional FIS UNIVED , 4 (2), 72-81.

Ahmad, N. (2015). Radio Sebagai Sarana Media Massa Elektronik. Komunikasi Penyiaran Islam , 3 (2), 233-254.

Amiliani, Y., Pawito, & Sudarmo. (2021). Adoption of Private Radio Internet-Based Technology Innovation (Case Study of. International Journal of Multicultural , 8 (6), 521-532.

Arham. (2013). Pengelolaan Program Siaran Berita di Radio Republik Indonesia (RRI) Makassar Dalam Meningkatkan Daya Tarik Pendengar). Skripsi , 28.

Darmanto. (2020). Dinamika Penyiaran Publik Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.

Faizah, N. (2015). Transformasi RRI Dalam Era Konvergensi Media. Jakarta: Lembaga Penyiaran Publik (LPP).

Kurnia, N. (2005). Perkembangan Tehnologi Komunikasi dan Media Baru : Implikasi terhadap Teori Komunikasi. MediaTor , 6 (2), 291-296.

Kurniawan. (2019). Upaya Radio El-Dity dalam Meningkatkan Kualitas Siaran Buletin Guna Menghadapi Persaingan Media Massa. Skripsi , 1.

Lidero, M. H. (2021, Januari 27). PROFIL RADIO REPUBLIK INDONESIA. Retrieved September 21, 2021, from ppid.rri.co.id: https://ppid.rri.co.id/profil-rri

Maharani, D. (2021). Strategi RRI (Radio Republik Indonesia) Palembang Mempertahankan Minat Pendengar di Era Digitalisasi Penyiaran. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan , 4 (1), 1-11.

McQuail, D. (1992). Media Performance: Mass Communication and The Public Interest. London: Sage Publication.

Nasution, N. (2017). Eksistensi M-Radio Terhadap Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Informasi. Jurnal Interaksi , 1 (2), 174-183.

Nasution, N. (2018). Strategi Manajemen Penyiaran Radio Swasta Kiss Fm Dalam Menghadapi Persaingan Informasi Digital. Jurnal Interaksi , 2 (2), 167-178.

Oramahi, H. A. (2012). Jurnalistik Radio Kiat Menulis Berita Radio. Jakarta: Erlangga.

Rianto, P., Adiputra, W. M., & Yusuf, I. A. (2009). PUBLIK UNTUK PUBLIK (Analisis Siaran Berita RRI Pro 3 selama Kampanye Pemilu Legislatif 2009). Jakarta: Puslitbangdiklat dan PKMBP.

Satori, D., & Komariah, A. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Tamburaka, A. (2013). Literasi Media Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yunefa, S. (2019). Strategi Branding Rrinet Melalui Konsep Audio Visual Pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Palembang . Skripsi , 24-26.

Zakaria, A., Muryanto, B., Darmanto, Hakim, L., Cahyono, M. F., Masduki, et al. (2012). Radio Melintas Zaman. Banjarnegara: Sukses Mandiri Press.

Zuriah, N. (2009). Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan: teori dan aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi
p-ISSN:  I  e-ISSN: 2807-7989  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +62 813-7013-1712
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License