STRATEGI KOMUNIKASI PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILLITY ( CSR ) PADA WILAYAH OPERASIONAL PT. MIFA BERSAUDARA KABUPATEN ACEH BARAT

Dira Sanita, Fiandy Mauliansyah

Abstract


Abstrak. Peran Corporate Social Responsibillity (CSR) sebagai kewajiban perusahaan untuk menjalnkan kewajiban didasarkan atas keputusan untuk mengambil kebijakan dan tindakan dengan melihat  kepentingan stakeholders dan lingkungan perusahaan berdasarkan pada ketentuan hukum yang berlaku. CSR merupakan tanggung jawab sosial perusahaan dan  salah  satu unsur terpenting dalam meningktakan citra dan  reputasi perusahaan untuk dapat berkontribusi kepada pihak-pihak yang memiliki hubungan dan keterkaitan dengan perusahaan, baik itu pihak yang berada di internal perusahaan maupun pihak yang berada di eksternal perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk perkembangan CSR PT.Mifa Bersaudara pada tiap tahunnya di kalangan wilaya operasional. Karya tulis ilmiah ini merupakan hasil analisis pada program Magang Mahasiswa yang dilaksanakan selama 6 bulan. Metode yang digunakan  adalah metode wawancara dan observasi sebagai deskripsi ( pendekatan kualitatif). Lokasi Magang dilaksanakan  pada perusahaan PT.Mifa Bersaudara Aceh Barat Meulaboh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR sangat berpengaruh dan membawa dampak positif dalam bidang keekonomi masyarakat sekitar wilaya operasional.

           

Kata kunci: Metode, Strategi Komunikasi CSR, Perkembangan CSR


Full Text:

PDF

References


Budyatna, Muhammad. (2006). Jurnalistik Teori dan Praktek, Rosda, Bandung.

McQuai (2000). Mass Communication Theories:66.

Burhan, B, (2006). Sosiologi Komunikasi, Kencana, Jakarta.

Zulfah, L, (2017) Peran Televisi Lokal dalam Pembangunan Daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara, KANAL (Jurnal Ilmu Komunikasi), 5(2), hal.103-112. Link

Jurnal: http://ojs.umsida.ac.id/index.php/kanal

Dharlinda, S, (2019). Pemanfaatan Media Komunikasi dan Informasi dalam Perwujudan Pembangunan Nasional, Jurnal Komunikasi Pembangunan, Volume17, No.2. hal. 177-187.

Ife,J. & Tesorieto, F, (2008) Community Development: Alternatif Pengembangan

Masyarakat di Era Globalisasi, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

McCombs, M.E., & Shaw, D.L., (1993). The Evolution of Agenda-Setting Research:Twenty-five years in the MarketPlace of Ideas, Journal of Communication, 43(2), 58-67.

Burhan,B, (2008) Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media

Massa, Iklan Televisi, dan Keputusan Konsumen serta Kritik Terhadap Peter L.

Thomas Lucknam, Kencana, Jakarta.

Palupi, Sri, S, (2013) Peran Media Center dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bandung, Jurnal Online Universitas Negeri Surabaya, http://ejournal.unesa.ac.id, di akses tanggal 26 Mai 2021.

Tomi, H, (2019) Media Massa Dalam Komunikasi Pembangunan, JURNAL AT-

TAGHYIR Jurnal Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Desa, Volume 1 Nomor 2 Journal Homepage: http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/index.php/taghyi

Dina Anggresa Oktina, Eka Septiana Sari, Intan Angelina Sunardi, Laili Nurul Hanifah, Vicky F Sanjaya (2008) Pengaruh Penerapan Strategi CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) dalam meningkatkan citra perusahaan pada PT. PERTAMINA (PERSERO)

(file:///C:/Users/acer/Downloads/jurnal%205.pdf)

AR. Pronoto. (2014). Program CSR Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian Ekonomi Pasca Tambang di Desa Sarijaya . Vol 18.No. 1. Juli 2014 (1-96)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi
p-ISSN:  I  e-ISSN: 2807-7989  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +62 813-7013-1712
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License