STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF ASISTEN AFDELLING 1 DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PT. AGRO SINERGI NUSANTARA KEBUN UJUNG LAMIE

agus levinda, fiandy mauliansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna  mengetahui langkah komunikasi persuasive yang diperlukan dalam mengajak karyawan aktif bergerak dalam meningkatkan capaian produktifitas & kinerja kebun ujung lamie. penelitian ini berlatar belakang di PT. agro sinergi nusantara (ASN) unit kebun ujung lamie, yakni salah satu perusahaan milik Negara (BUMN) yang  beroprasi dibidang produksi kelapa sawit. dalam penelitian ini  metode yang digunakan adalah metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif serta tehnik penghimpunan data dilakukan dengan wawancara, observasi,dan dokumentasi. jenis peneliatian lapangan ini mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan suatu unit social. subjek penelitian adalah pimpinan afdelling dan karyawan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PT.ASN unit kebun ujung lamie menggunakan tiga strategi persuasive dalam meningkatkan kinerja karyawan kebun khususnya wilayah afdelling 1. Strategi yang pertama melalui pendekatan emosional (strategi psikodinamika) dengan cara terbuka untuk membangun kepercayaan. Yang kedua menggunakan strategi memberi pemahaman mengenai perusahaan (the meaning contruction) melalui cara personal selling dan sebagainya.  Strategi yang ketiga adalah menunjukan sikap peduli (care) dengan cara bertanya lansung (ask to ask) terkait masalah dilapangan yang dihadapi pemanen

 

Kata kunci:  strategi, komunikasi persuasive, kinerja

 


Full Text:

PDF

References


Jurnal :

Nurdin. 2021. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan : Studi Kasus Pada PT.Denki Engineering Reslaj: religion Education Social Laa Roiba Journal, volume 3 no 2 2021. Di akses dari http://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/328

Stephanie Mustika Alam. 2015. Analisis Komunikasi Persuasif Pimpinan Dalam Memotivasi Karyawan (studi kasus divisi deal maker dan engine room pada PT. Adiputra Agung Perkasa (imcode). Di akses dari http://123dok.com/document/y4km51rq-stephanie-mustika-alam.html

Dian Pertiwi,( 2019), Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Jumlah Debitur Di Pt. Bni (Persero) Tbk Kantor Cabang Padang (Jom Fisip Vol. 6: Edisi I Januari – Juni 2019) Riau-Padang. Di akses dari http://jom,unri.ac.id/index.php/JOMFISIP/article/download/22769/22037

Zaenal Mukarrom, (2020), juni E- Book Teori-Teori Komunikasi Bandung : pusat penerbitan dan distribusi UIN susan Gunung Djati Bandung. Di akses dari http://digilib.uinsgd.ac.id/31495/

Skripsi (online)

Rana Meilinda. 2020. Strategi Komunikasi Pimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Pt. Indomarco Prismatama (Indomaret) Area Mulyojati Metro Barat.

Rispayani Halim, 2020. Implementasi Human Relation Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Di Perusahaan Roti Jordan, Di akses dari http://repository.iainpare.ac.id/2074/1/15.3100

Kahfi Hilmawaan. 2019. Teknik Komunikasi Persuasif Ustadzah Dedeh Rosidah Syarifuddin Dalam Program Acara Religi ( Analisis Isi Pada Acara Mamah & Aa Beraksi Di Indosiar). Di akses dari http://eprint.umm.ac.id/46235/

Aditya Satri a Ananda. 2017. Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinnerja Karyawan Mannayo Resto & Café Purwokerto, Di akses dari http://respository.ump.ac.id/3790

Ardhi kurniadi. 2016. Fungsi Komunikasi Persuasive Dalam Meningkatkan Minat Kebbersamaan Pada Anggota Keluarga Pelajar Mahasiswa Karimun-Bandung.Di akses dari http://respository.unpas.ac.id/12059/

Nur Hasanah, (2019), Strategi Komunikasi Persuasive Komunitas Jalan-Jalan Edukasi Lampung Dalam Menumbuhkan Empati Remaja Terhadap Anak Panti Asuhan. Di akses dari http://repository.radenintan.ac.id/7234/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi
p-ISSN:  I  e-ISSN: 2807-7989  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +62 813-7013-1712
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License