PERAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) KABUPATEN SIMEULUE DALAM UPAYA PENYEDIAAN INFORMASI PUBLIK

Cici Sri Ulandari, Anhar Fazri

Abstract


Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, bahwa setiap Badan Publik wajib memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Dalam konteks implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, pentingnya peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam memberikan pelayanan dan pemberian informasi, maka dalam penelitian ini penulis ingin memahami peran dan fungsinya agar berjalan sesuai dengan peraturan, khususnya pelaksanaan keterbukaan informasi Pemerintah Kabupaten Simeulue yang dikelola oleh PPID. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dapat digunakan apabila ingin melihat dan mengungkapkan suatu keadaan maupun suatu objek. Penelitian dilakukan pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Simeulue khususnya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) . Hasil penelitian ini menjelasakan bahwa Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Simeulue merupakan koordinator Informasi dibawah tanggung jawab Kepala Dinasnya yang juga merupakan PPID Utama. Sedangkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai PPID Pembantu. PPID sudah menjalankan perannya dalam melayani kebutuhan publik secara langsung atau tatap muka dan juga secara online untuk mengimplementasikan Keterbukaan Informasi Publik. Cara ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat Simeulue untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Kendala yang dihadapi PPID adalah masih ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum menyediakan infromasi yang sesuai dengan prinsip PPID yang disebabkan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang pengetahuan terhadap pengelolaan informasi secara online belum optimal sehingga belum bekerja dengan baik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan terus melakukan sosialisasi dan pelatihan penguasaan dari sistem aplikasi yang disediakan.


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasiuonal. 2014. Kamus Besar Bahasa Indomesia Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Edy Suhardono. 2015. Teori Peran (Konsep, Deviasi dan Implikasinya). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Hlm. 3

Muri Yusuf. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (4th ed.). Jakarta: KENCANA.

Syamsir, Torang. 2014. Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi). Bandung: Alfabeta. Hlm.86.

Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 61 tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Kementrian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Standar Layanan Informasi Publik

Peraturan Daerah Kabupaten Simeulue Nomor 17 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tanggung Jawab dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Simeulue.

Jurnal

LUKITO, C. (2017). Peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam Pelayanan Informasi Publik. JIAN-Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 1(1), 1–7. (http://ojs.ejournalunigoro.com/index.php/JIAN/article/view/56).

Trijayanto, D., & Idrus, I. A. (2019). Peran PPID Pemerintah Kota Yogyakarta Dalam Pengelolaan Dan Penyelengaraan Keterbukaan Informasi Publik. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(1), 107–117. (http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article).

Suhendar, A. (2020). Keterbukaan Informasi Publik Bentuk Keseriusan Pemerintah Menuju Good Governance (Implementasi Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008). Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 13(2), 243–251. (https://core.ac.uk/download/pdf/267824618.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi
p-ISSN:  I  e-ISSN: 2807-7989  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +62 813-7013-1712
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License