STRATEGI MARKETING COMMUNICATION MIX CAHAYA RICKY KOTA TAPAKTUAN ACEH SELATAN DALAM MEMASARKAN MANISAN PALA

arkana musfila, Asmaul Husna, yuhdi fahrimal

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Marketing Communication Mix Cahaya Ricky Kota Tapaktuan Aceh Selatan Dalam Memasarkan Manisan Pala. Penelitian ini menggunakan konsep marketing communicatio mix dan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuh orang informan kunci. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Periklanan yang digunakan Cahaya Ricky yaitu komunikasi secara tidak langsung, karena Manisan Pala Cahaya Ricky menawarkan produk menggunakan media perantara sebagai media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada audiens, promosi penjualan yang dilakukan oleh Cahaya Ricky menarik dimata pelanggan karena dalam bentuk parsel lebih banyak isinya, Cahaya Ricky belum pernah memberikan sponsor dalam program-program tertentu. Hal tersebut dikarenakan faktor biaya mahal, namun Cahaya Ricky pernah melakukan kerjasama dengan Dinas Pariwisata Aceh Selatan dan Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Aceh Selatan.  mengenai hubungan masyarakat dan publisitas dengan adanya tayangan di stasiun televisi dapat meningkatkan pelanggan untuk Cahaya Ricky, Cahaya Ricky tidak menggunakan sistem pemasaran secara langsung dikareakan selain membutuhkan banyak waktu juga membuat pelanggan tidak nyaman. Pemasaran interaktif yang dilakukan Cahaya Ricky memenuhi keinginan pelanggan sesuai dengan apa yang diminta oleh pelanggannya, pemasaran dari mulut kemulut yang dilakukan oleh Cahaya Ricky membuat pelanggan tertarik terhadap produknya, bukan hanya tertarik pelanggan juga merasakan kepuasan setelah mencoba produk-produk dari Cahaya Ricky dan untuk Cahaya Ricky tidak menggunakan sistem pemasaran penjualan personal. Hal tersebut dikarenakan dalam penerapan penjualan personal Cahaya Ricky tidak mempunyai tenaga kerja yang cukup. peneliti menyimpulkan bahwa Strategi Marketing Communication Mix Cahaya Ricky Kota Tapaktuan Aceh Selatan Dalam Memasarkan Manisan Pala belum sepenuhnya berjalan secara maksimal.


Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. “Penelitian Kualitatif”, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

Cresswell, J. 1998. Research Desig: Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Duncan, Tom. 2002. Principle of Adverstising & IMC, 2nd ed – International Edition. New York: McGraw-Hill/Irwin (series in marketing).

Effendy, Onong Uchjana, Spektrum Komunikasi, (Bandung: CV Mandar Maju, 1992), Hal. 25.

Ifan, Ichdar. 2015. Manisan Pala, Oleh-oleh Khas Aceh Selatan. Lifestyle.Okezone.

Racmawati, Rina. 2011. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (sebuah kajian Terhadap Bisnis Restoran. Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.

Tjiptono, Fandy. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Indeks. (2011). Pemasaran Jasa. Jakarta : Erlangga.

Yohannes dan Wulan Purnama Sari. 2019. “Analisis Bauran Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Brand Loyalty Bar Kopi Seru”. Universitas Taruma Negara.

Zona Makan. 2020. Makanan Khas Aceh. https://zonamakan.com/makanan-khas-aceh (diakses tanggal 04 Agustus 2020).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi
p-ISSN:  I  e-ISSN: 2807-7989  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +62 813-7013-1712
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License