IMPLEMENTASI MODEL KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK

Heri Rahmatsyah Putra

Abstract


Perkembangan zaman telah mempengaruhi lingkungan sosial masyarakat. Maraknya pengaruh buruk lingkungan akan mengakibatkan perilaku atau kepribadian anak-anak. Dibutuhkan peran orang tua dalam mengantisipasi pergaulan yang buruk terhadap anak. Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak akan menentukan kepribadian bagi anak tersebut. Melalui penelitian ini penulis mengkaji mengenai komunikasi interpersonal orang tua dalam membentuk kepribadian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model komunikasi interpersonal orang tua dalam membentuk kepribadian anak di Kelurahan Bagan Punak Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Melalui metode penelitian deskriptif kualitatif yang menguraikan secara mendalam tentang apa yang diperoleh dari informan. penulis menggunakan subjek dan informan penelitiannya adalah orang tua di kelurahan Bagan Punak. Teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan metode reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil peneltian ini didapati bahwa model komunikasi interpersonal yang dilakukan orang tua dalam membentuk kepribadian anak cenderung menggunakan model pertukaran sosial dimana komunikasi merupakan keharusan bagi setiap orang tua, dan juga sebagai kebutuhan bagi anak dalam membentuk kepribadiannya. Serta model A B X dimana anak sangat membutuhkan komunikasi yang baik dari orang tua. model peranan yang menjelaskan bahwa orang tua memberikan contoh yang baik melalui sikap dan tingkah laku agar anak dapat mengikuti apa yang diamati pada orang tuanya.

Full Text:

PDF

References


Astuti, S. I. (2016). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Devito, J. A. (2016). Komunikasi Antarmanusia (A. Maulana (ed.); V). Karisma Publishing Grup.

Ganiem, M. B. & L. M. (2015). Teori Komunikasi Antarpribadi. Kencana.

Gunarsa, S. D. (2017). Psikologi untuk Keluarga. Libri.

Hartati, D., Fahrimal, Y., Hidayati, R., & Umar, U. T. (2021). JIMSI : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi KOMUNIKASI PARTISIPATIF MASYARAKAT DALAM. 1–13.

Idi, A. (2016). Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat dan Pendidikan. Rajawali Press.

Kriyantono, R. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana.

M.Dagun, S. (2012). Psikologi Keluarga (Peranan Ayah dalam Keluarga). Rhineka Cipta.

Pawito. (2013). Penelitian Komunikasi Kualitatif. LKis.

Putra, H. R. (2012). Komunikasi Interpersonal Dosen Pembimbing Terhadap Mahasiswa STAI Ar-Ridho Bagansiapiapi dalam Menyelesaikan Skripsi.

Rahmat, J. (2012). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi
p-ISSN:  I  e-ISSN: 2807-7989  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +62 813-7013-1712
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License