Strategi Komunikasi Dinas Perdagangan Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Aceh Barat

M.Fadhillah Akbar Setiawan

Abstract


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi dinas perdagangan dalam pengembangan UMKM di Aceh Barat dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan UMKM di Aceh Barat. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan penentuan informan secara purpossive sampling dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal merupakan salah satu strategi komunikasi yang efektif dalam pengembangan UMKM di Aceh Barat karena para dinas Disperindag Kop & UMKM Kabupaten Aceh Barat dapat berhadapan langsung dengan para pelaku usaha UMKM. Salah satu faktor pendukung dalam pelaksanaan Strategi Pengembangan UMKM adalah terjalinnya kerjasama yang baik antara Disperinda Kop Kabupaten Aceh Barat dengan UMKM, pengusaha UMKM, dan kelompok pendukung lainnya. Faktor lainnya adalah semangat dan kemauan para pengusaha UMKM untuk berbagi informasi, sehingga memudahkan Disperindag Kop dan jajaran UMKM di Kabupaten Aceh Barat dalam menjalankan tugasnya membantu para pengusaha kecil meningkat. Adapun faktor yang menghambat dalam penerapan strategi pengembangan UMKM yaitu tingkat kualitas dan kuantitas SDM aparat masih terbatas, Jumlah anggaran dana untuk program pengembangan UMKM terbatas serta sarana dan prasarana penunjang yang masih kurang memadai.

Full Text:

PDF

References


Adnan, Mohammad Arfandi. 2017. Strategi Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam Peningkatan Daya Saing UKM di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar, Jurnal Ilmu Pemerintahan & Ilmu Komunikasi, 2 (2): 77-88.

Bryson, John. 2001. Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cangara, Hafied. 2013. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Effendy. 2005. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Husen, Umar. 2005. Metode Riset Komunikasi Organisasi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Iriantara, Yosal. 2004. Managemen Strategi Public Relation. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Putri, Diana. 2018. Strategi Komunikasi Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Pekanbaru Dalam Memberdayakan Kelompok Umkm Melalui Program Klinik Konsultasi Bisnis Di Kota Pekanbaru, Jurnal FISIP, Vol. 5 (2): 1-14.

Reza Oktaviandi. 2018. Strategi Komunikasi Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Ukm Provinsi Kalimantan Timur Dalam Mensosialisasikan Konsumen Cerdas di Kota Samarinda Strategi Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh dalam Meningkatkan Perkembangan Industri Kreatif Bagi UMKM, eJournal Ilmu Komunikasi.

Rukin. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudaryanto, Ragimun, Wijayanti. Rahma. 2011. Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 1. Jember: Universitas Negeri Jember.

Nurul Fadzillah. 2020. Strategi Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Acehd dalam Meningkatkan Perkembangan Industri Kreatif Bagi UMKM, Universitas Islam Negeri AR-RANIRY Darussalam - Banda Aceh.

Wahidah, Resti. 2018. Strategi Komunikasi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Dalam Melakukan Pembinaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Jurnal Jom Fisip, 5 (1): 1-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi
p-ISSN:  I  e-ISSN: 2807-7989  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +62 813-7013-1712
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License