STRATEGI KOMUNIKASI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA (TELKOM) ACEH BARAT DALAM PENANGANAN PENGADUAN PELANGGAN

Dandi Ramayanda, Firman Parlindungan

Abstract


PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Aceh Barat merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang jasa teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi. Dalam pengoperasiannya, PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Aceh Barat sering menerima pengaduan pelanggan yang mengalami kendala dalam mengakses internet. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Aceh Barat dalam penanganan pengaduan pelanggan. Hasil penelitian ini yaitu PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Aceh Barat sudah menerapkan strategi komunikasi yang efektif melalui empat tahapan strategi komunikasi, yaitu fakta, perencanaan, aksi dan komunikasi serta evaluasi.


Full Text:

PDF

References


Dianahsari, S. R. (2016). Strategi komunikasi humas dan penanganan keluhan pelanggan Indihome di PT Telkom Divisi Regional IV Jateng-DIY. Skripsi. Semarang: Universitas Dipenogoro. Retrieved from https://www.academia.edu/33382801/strategi_komunikasi_penanganan_keluhan

Diantara, L. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Fajar Riau Wisata Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 5(2), 100-105. Retrieved from https://www.ejournal.kompetif.com/index.php/dayasaing/article/view/365

Effendy, O. U. (2004). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Retrieved from https://onesearch.id/Author/Home?author=Onong+Ukhyana+EFFENDY

Effendy, O. U. (2009). Human Relation & Public Relation. Bandung: CV. Mandar Maju. Retrieved from https://onesearch.id/Author/Home?author=Onong+Ukhyana+EFFENDY

Effendy, (2017). Ilmu komunikasi teori dan praktek. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Greenberg,P.(2019). Retrieved from https://onesearch.id/Author/Home?author=Onong+Ukhyana+EFFENDY

Indihome. (2021). Tentang my indihome. Diakses pada 15 Juni 2022. Retrieved from melalui https://www.indihome.co.id.

Ismail, MH dkk. (2010) Menuju Pelayanan Prima. Malang, Program Sekolah Demokrasi. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/72569-ID-upaya-pt-telkom-dalam-meningkatkan-kuali.pdf

Kusumawati, T. I (2016). Komunikasi verbal dan non verbal. Jurnal Al-Irsyad, 6(2): 142. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/6618

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133305

Ramayulis. (2002). Metodelogi Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia: Jakarta. Retrieved from http://repository.iainbengkulu.ac.id/8407/1/CECEN%20ANDREA.pdf

Syahputri, H. (2022). Strategi Komunikasi Customer Care PT Telkom Witel Ridar Dalam Mempertahankan Pelanggan Indihome (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau). Retrieved from https://repository.uir.ac.id/13220/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi
p-ISSN:  I  e-ISSN: 2807-7989  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +62 813-7013-1712
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License