STRATEGI KOMUNIKASI KAMPANYE PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DINAS SOSIAL KABUPATEN NAGAN RAYA DALAM TEMA GERAKAN AYO KULIAH (GAK) TAHUN 2021/2022

Anil Rahman, Fiandy Mauliansyah

Abstract


Artikel ini berisi tentang strategi komunikasi dalam kampanye Program Keluarga Harapan (PKH) dalam tema Gerakan Ayo Kuliah (GAK) yang dilaksanakan oleh Sumber Daya Manusia (SDM)  Dinas Sosial Kabupaten Nagan Raya. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif metode studi kasus.Penelitian ini fokus pada strategi komunikasi kampanye Program Keluarga Harapan (PKH) di Dinas Sosial Kabupaten Nagan Raya dalam Tema Gerakan Ayo Kuliah. Temuan penelitian ini juga mengarah pada penerapan strategi pengiriman pesan yang mempertimbangkan kekuatan tampilan pesan. Secara teori, semua media menyampaikan informasi yang sama, tetapi karena perbedaannya, pesan tersebut disajikan dalam berbagai cara. Data akurat dikumpulkan untuk membuat rencana komunikasi. Memilih semua bentuk media yang paling mudah diakses masyarakat adalah bagaimana strategi media dipraktikkan. Strategi khalayak ditentukan khusus siswa SMA/SMK/MA sederajat dan keluarga tidak mampu yang mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Nagan Raya untuk dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, lokasi di laksanakn kegiatan khusus SMA/SMK/MA Kabupaten Nagan Raya. Efek akhir dihubungkan dengan efek komunikasi, hasil yang diperoleh Program Keluarga Harapan (PKH)  menunjukkan bahwa Gerakan Ayo Kuliah (GAK) dilaksanakan secara maksimal. Beberapa perubahan dapat terwujud terdapat 200 lebih anak Keluarga Paling Miskin (KPM) Program Keluarga Harapan  (PKH) dan anak keluarga tidak mampu bergabung dalam kegiatan kampanye Gerakan Ayo Kuliah (GAK) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Nagan Raya.

Kata Kunci: strategi komunikasi, Kampanye Gerakan ayo Kuliah (GAK), Program Keluarga Harapan (PKH).


Full Text:

PDF

References


REFRENSI

Antika E, Tunggali AP. Strategi Komunikasi Kampanye Adopt Don't Buy Komunitas Adopsi di Kota Yogyakarta. Jurnal Audiens. 2021 Mar 26;2(1):33-43.

Bender, George Wilhelm."Strategi Komunikasi Kampanye Sadar Stunting 2021 Melalui Kol." Jurnal Pariwara 2, no. 1 (2022): 14-24.

Eka, F. R., Indriantoro, N., & Supomo, B. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Gabungan. Yogyakarta: BPFE UGM.

Hajron, Kun Hisnan, Muhammad Niko Zunnurain, Wahyuni Wahyuni, Hasna Nur Afifah, Bagas Dwi Suprihanto, and Anis Wulandari. "Gerakan Ayo Kuliah Bagi Anak KPM PKH di Kecamatan Muntilan untuk Meningkatkan Minat Sekolah Lanjutan." Community Empowerment 6, no. 3 (2021): 384-390.

Kurniadi, Hayatullah, and Mohamad Hizasalasi."Strategi komunikasi dalam kampanye diet kantong plastik oleh GIDKP di Indonesia." Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi 6, no. 1 (2017): 21-31.

KBA.ONE. “Jalin Kerja Sama, Dinsos Dan Koordinator PKH Teken MoA Dan SPK Dengan Dekan Fisip UTU.”KBA.ONE, 13 Mar. 2022, www.kba.one/news/jalin-kerja-sama-dinsos-dan-koordinator-pkh-teken-moa-dan-spk-dengan-dekan-fisip-utu/index.html.

Misnawati, Indah Tri. "Strategi komunikasi pada kampanye perlindungan orangutan oleh lsm centre for orangutan protection (cop) di samarinda, kalimantan timur. eJournal Ilmu Komunikasi." Journal lmu Komunikasi 1, no. 4 (2013): 135-149.

Merdeka Online, Admin Berita, and Admin.“Pemkab Dan DPRK Nagan Raya Diminta Untuk Mengalokasikan Dana Sherring Untuk SDM PKH - Berita Merdeka Online.” Berita Merdeka Online, 25 Sept. 2022, www.beritamerdekaonline.com/2022/09/pemkab-dan-dprk-nagan-raya-diminta-untuk-mengalokasikan-dana-sherring-untuk-sdm-pkh.

Program Keluarga Harapan (PKH) . susanto, inwan. Jl. Salemba Raya No. 28, Jakarta Pusat : 2019, 2019-0

Respita, A. (2011). Strategi Komunikasi Dinas Sosial Makassar dalam Menyosialisasikan Program Keluarga Harapan terhadap Rumah Tangga Sangat Miskin di Kecamatan Tamalate. Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial, Universitas Hasanuddin, Makassar..

Rodiah, Saleha, and Pawit M. Yusup."Strategi komunikasi dalam pengembangan desa agro wisata di Kabupaten Pangandaran." Jurnal Signal 6, no. 2 (2018): 325-332.

Redaksi. “Kemensos Galakkan Gerakan Ayo Kuliah Anak KPM PKH. Untuk Memutus Mata Rantai Kemiskinan | Sidik Kasus.” Sidik

Rogers, R. W., & Storey, J. D. (2004). Kampanye komunikasi: Teori dan praktek. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Kasus, 30 Nov. 2020, sidikkasus.co.id/kemensos-galakkan-gerakan-ayo-kuliah-anak-kpm-pkh-untuk-memutus-mata-rantai-kemiskinan.html.

Suryanah, Ayu, Maulana Rifai, and Fardiah Oktariani Lubis."Strategi Komunikasi Kampanye@ Jedaiklim (Studi Kasus Kampanye Climate Action Now)." Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 7, no. 3 (2022): 2007-2016.

“SDM PKH Kabupaten Nagan Raya Gelar Sosialisasi Gerakan Ayo Kuliah Bagi Anak KPM - Barometernews.id.”Barometernews.id, 30 Nov. 2021, barometernews.id/sdm-pkh-kabupaten-nagan-raya-gelar-sosialisasi-gerakan-ayo-kuliah-bagi-anak-kpm.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi
p-ISSN:  I  e-ISSN: 2807-7989  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +62 813-7013-1712
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License