STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE MELALUI MEDIA SOSISAL INSTAGRAM (STUDI KASUS WBX STUDIO)

Valentino Ramayoga Alvarhesa

Abstract


Media sosial instagram memiliki peran penting terhadap perkembangan bisnis di Indonesia. Salah satunya yaitu industri sandang yang menggunakan instagram sebagai media pemasarannya. Mempromosikan suatu produk atau jasa dari perusahaan tentu harus mempersiapkan strategi didalamnya, seperti WBX Studio yang menggunakan instagram sebagai media pemasaran. Pemasaran yang baik tentunya akan membentuk citra positif di mata konsumen yang nantinya akan berdampak pada peningkatan penjualan dari perusahaan. Instagram @wbxstudio menggunakan beberapa model strategi pemasaran dalam melakukan pemasaran di instagram antara lain: periklanan, hubungan publisitas dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang melakukan wawancara langsung dengan owner dan observasi instagram @wbxstudio. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam membangun brand image @wbxstudio lebih berfokus pada instagram ads dan hubungan masyarakat publisitas karena dapat menjangkau konsumen secara spesifik dan  memberikan selalu pelayanan yang terbaik untuk konsumen.


Full Text:

PDF

References


Books

Fabian Chandra. (2021). Social Media Marketing (Nusa, Ed.). DIVA Press.

Kennedy, & Soemanagara. (2006). “Marketing Communication Taktik dan Strategi.” PT Buana Populer kelompok Gramedia.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional sampai Era Modernisasi Global. Cv Alfabeta.

Kennedy, & Soemanagara. (2006). “Marketing Communication Taktik dan Strategi.” PT Buana Populer kelompok Gramedia.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media.

Suryati, & Lili. (2015). Manajemen Pemasaran. DEEPUBLISH.

Internet:

Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. Https://Andi.Link/Hootsuite-We-Are-Social-Indonesian-Digital-Report-2022.

Serial/journal article:

Astuti, N. (2017). Hubungan Citra Merek Dengan Loyalitas Merek Pada Konsumen. Psikoborneo, 4(3).

Cahyono, A. S. (2016). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI INDONESIA. Publicana, 9(1).

Ekawati, R. K. (2020). Analisis Pemanfaatan Akun Bisnis Instagram dalam Peningkatan Penjualan pada Gerai XYZ.Co. JURNAL SISTEM & TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI, 3(2).

Ernawati, reni, Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal, 4(2).

Julitawaty, W., Willy, F., & Goh, T. S. (2020). PENGARUH PERSONAL SELLING DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP EFEKTIFITAS PENJUALAN BAN SEPEDA MOTOR PT. MEGA ANUGRAH MANDIRI. Jurnal Bisnis Kolega, 6(1).

Mardiyanto, D., & Giarti. (2019). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise di Kedai Digital 8 Solo). Edunomika, 03(01).

Muliawati Iga Mauliga, R. M. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE MELALUI SOSIAL MEDIA INSTARGRAM. Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4, 24.

Putra, Y., Santoso, Y., & Adhypoetro, R. (2021). Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. Cyber PR, 1(1), 11.

Setiawan, H., & Bustan, J. (2018). Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan dan Pemasaran Langsung Terhadap Keputusan Kunjungan Wisatawan. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 3.

Wibowo, P. S. (2021). Strategi komunikasi pemasaran sharp indonesia di era pandemi covid-19 dan kenormalan baru. Jurnal Komunikasi Profesional , 5(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi
p-ISSN:  I  e-ISSN: 2807-7989  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +62 813-7013-1712
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License