PENGARUH VIRAL MARKETING MIXUE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Followers Instagram @mixueindonesia)

Alvin Ramadhan, Oktaviana Purnamasari

Abstract


Media sosial merupakan sebuah media sosial, yang dimana para penggunanya bisa dengan mudah leluasa berpartisipasi untuk berbagi, dan menciptakan beberapa hal seperti meliputi yaitu blog, jejaring sosial, forum, dan juga dunia virtual dan jejaring sosial meruapakan sebuah bentuk untuk media sosial yang paling umum digunakan oleh Masyarakat di seluruh dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Viral Marketing, Keputusan Pembelian produk Mixue pada Followers instagram @mixueindonesia, dan untuk mengetahui Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian pada Followers instagram @mixueindonesia. Teori yang digunakan yaitu konten Instagram meliputi video, iklan, dan konten serta Keputusan Pembelian meliputi kesadaran, bunga, evaluasi, percobaan, dan adopsi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner yang diberikan kepada 73 responden pada Followers instagram @mixueindonesia. Pengambilan sampel menggunakan teknik slovin. Metode pengambilan kuesioner yang digunakan yaitu simple random sampling. hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pengaruh Viral Marketing secara keseluruhan responden merespon baik (setuju), serta Pengaruh Viral Marketing Mixue Keputusan Pembelian secara keseluruhan responden merespon baik (setuju) dari semua pernyataan variabel Y di kuisioner penelitian, hasil perhitungan dari data penelitian ini didapat bahwa nilai t-hitung lebih besar 8.357 yang dimana lebih besar dari nilai t-tabel 1,666. Karena t-hitung lebih besar dari t-tabel makan H0 ditolak dan H1 diterima. Dan besarnya Pengaruh Viral Marketing @mixueindonesia berpengaruh sedang atau cukup sebesar 0,496 terhadap Keputusan Pembelian dengan persentase 49,6%, sementara sisanya yaitu 50,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.


Full Text:

PDF

References


Andini, N. P. (2014). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis, 11(1).

Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022, March). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). In Forbisa Forum Bisnis dan Kewirausahaan-SINTA 4 (Vol. 11, No. 2, pp. 228-241).

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).

Ardiansah, I., & Maharani, A. (2020). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing. Cendikia Press.

Fandy, T., & Anastasi, D. (2016). Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Furqon, M. A. (2020). Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 79-90.

Ghozali, I. (2016). Desain Penelitian Kuantitatif dan kualitatif untuk akutansi bisnis dan ilmu sosial lainnya, Semarang: Yoga Pratama.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2).

Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh promosi online dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 21(1).

Kaloka, A. S. K. (2016). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Instagram@ makananjember.

Kristanto, O. D., Indraningrat, K., & Prasetiyaningtiyas, S. (2017). pengaruh viral marketing, celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian di Distro RMBL. Bisma: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 11(1), 62-75.

Kurnia, T., & Wijaksana, T. I. (2020). Pengaruh Viral Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Compass Melalui Media Sosial Instagram. eProceedings of Management, 7(3).

Nggilu, M., Tumbel, A., & Djemly, W. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Ramadhayanti, A. (2019). Aplikasi SPSS Untuk Penelitian dan Analisis Pasar. Jakarta : PT Elex media Kumpodinto.

Tanuwijaya, J., & Mulyandi, R. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc. Jurnal Sosial Sains, 1(5), 368-373

Web :

https://mixue.co/

https://mixue.world/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi
p-ISSN:  I  e-ISSN: 2807-7989  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +62 813-7013-1712
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License